Ruang terbuka Hijaudepok.go.id – Upaya mewujudkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Depok, Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kota Depok menyelenggarakan seminar demi menciptakan RTH yang berkualitas di lingkungan hunian dan pencanangan gerakan pengawasan “RTH Watch” tingkat wilayah kecamatan” di aula lantai 5, Balai Kota Depok, Rabu (21/10/15).

Kegiatan ini dihadiri Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il, seluruh Camat Kota Depok, serta mengundang developer ternama untuk duduk bersama menciptakan hunian yang asri dan ramah lingkungan.

Sementara itu, Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il, dalam sambutannya mengaku optimis Depok bisa komitmen dan melakukan pencanangan bersama, sehingga melahirkan tatanan kota yang friendly. Perlu diketahui bahwa RTH publik saat ini memiliki target sekitar 30% dan baru terealisasi 15%. Pihak developer juga ikut andil dalam pembuatan RTH ini, pemerintah menyumbang 20%, dan 10% lainnya merupakan tanggung jawab developer yang dimanifestasikan melalui taman-taman di perumahan.

Developer bebas berkreasi, namun tidak merugikan konsumen. Semakin banyak RTH berkualitas yang dibangun, insya Allah developer akan masuk surga,” ujar Nur Mahmudi yang langsung diamini oleh seluruh peserta yang datang.

Orang nomor satu di Kota Depok itu berharap, RTH dapat dibangun dalam bentuk arboretum Indonesia, sehingga seluruh jenis tanaman yang ada di nusantara dapat dinikmati hanya dengan berkunjung ke taman arboretum yang rencananya akan dibangun di Bojongsari.

Senada dengan itu, Govar, salah satu developer yang menjadi narasumber mengakui akan pentingnya RTH untuk ditempatkan di lingkungan rumah. RTH ini berfungsi selain sebagai penghasil oksigen, juga merupakan aset yang sangat berharga untuk anak cucu, sehingga menuntut dirinya untuk menjadi developer yang bukan hanya mencari profit namun juga meninggalkan sesuatu yang berharga.

“Langkah awal bagi pengembang, carilah apa yang menjadi dasar ‘membangun’ hunian. Kita ketahui bersama, sanitasi, tata letak bangunan dan RTH saat ini belum maksimal, jika tidak bisa mencari solusi, kita jangan memperkeruh keadaan. Jangan takut rugi untuk membangun RTH, pikirkan nasib masa depan,” ujar Govar berharap pengembang dan pemerintah mampu bersinergi untuk mewujudkan RTH yang baik di Kota Depok. (Vidyanita/Ed: Faizal Satrio – Diskominfo).

Bagikan post melalui :