Kekompakan Forum Anak Depok. (Foto: Istimewa)

depok.go.id-Forum Anak Depok sedang menjalankan berbagai proses untuk regenerasi keanggotaan dan kepengurusan. Dari 45 peserta yang terdaftar, sekitar 36 peserta mendapat pembekalan berbagai materi pengetahuan sebagai calon pengurus Forum Anak Depok maupun di Kecamatan.

Ketua Forum Anak Depok, Nizar Arifshidqi mengatakan, materi yang diberikan seperti Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mewujudkan Kota Layak Anak (KLA). Hal tersebut terbukti dengan seringnya Forum Anak Depok digandeng pemerintah dalam berbagai kesempatan dan program KLA.

“Lewat kerja sama Pemkot Depok dan Forum Anak diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk lebih memperhatikan semua hak anak di Depok,” terang Nizar di Aula Lantai 10 Gedung Dibaleka 2, belum lama ini.

Selain itu, katanya, fokus Forum Anak Depok lainnya yaitu pemenuhan hak anak yang terdapat dalam Konvensi hak Anak (KHA) baik hak sipil, keluarga, kesehatan, pendidikan, dan perlindungan khusus. Salah satunya mekanisme perlindungan anak sebagai pelopor untuk memahami KHA.

“Tugas kami adalah sebagai pelopor misalnya memberi pemahaman dalam konvesi anak, KLA, dan juga Undang-undang (UU) Perlindungan Anak Nomor 23 tahun 2002. Metode yang dilakukan bisa melalui metode advokasi dan sosialisasi. Kita juga bisa memilih apa yang dipelopori terutama dalam penggunaan hak anak,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :