Warga RW 07 Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung manfaatkan barang bekas sebagai media tanam. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Terbatasnya media tanam untuk penghijauan di Kampung Setaman (Tertata, Bersih dan Nyaman) Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, tidak dijadikan kendala bagi warga RW 07. Dengan inisiatif tinggi, warga menyulap barang bekas untuk dijadikan sebagai media tanam pengganti pot.

“Ini inisiatif warga memanfaatkan barang bekas untuk media tanam. Daripada dibuang, kami memilih untuk digunakan kembali sebagai pengganti pot. Sekalian juga untuk efisiensi anggaran, karena kami menjalankan program ini secara swadaya,” ujar Ketua RW 07 Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Sanusi, Senin (21/10/2019).

Beberapa barang bekas yang bisa difungsikan kembali, kata Sanusi, antara lain, sepatu, kaleng cat, botol mineral, pipa dan lain-lain. Sedangkan untuk jenis tanamannya sendiri, kata Sanusi, pihaknya memilih tanaman hias.

“Kami menggunakan tanaman hias seperti pucuk merah, brokoli kuning, lili paris, kuping gajah, sirih gading dan lain-lain. Selain itu, ada juga tanaman merambat seperti anggur, markisa dan binahong. Alasannya agar bisa terlihat teduh dan jika berbuah, bisa dinikmati warga,” katanya.

Untuk diketahui, Kampung Setaman di RW 07 telah terbentuk sejak April 2019. Berbagai program berbasis lingkungan dijalankan, seperti melakukan penanaman di halaman rumah masing-masing, memanfaatkan ruang yang ada sebagai taman bermain anak, serta melakukan penataan lingkungan di sepanjang jalan yang dilewati warga.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :