Puluhan siswa Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiah (MI) di Sawangan saat mengikuti pelatihan Dokter Cilik (Dokcil) dari UPT Puskesmas Sawangan. (Foto: Istimewa).

depok.go.id-Sebanyak 40 siswa Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiah (MI) di Sawangan mendapat pelatihan Dokter Cilik (Dokcil) dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan. Kegiatan yang diadakan di Puskesmas Sawangan ini, mendatangkan peserta dari 16 SD/MI di Kelurahan Sawangan dan Kelurahan Sawangan Baru.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Puskesmas Sawangan, Karnadi mengatakan, pelatihan Dokcil diberikan dengan tujuan membentuk kader kesehatan di tingkat SD guna memasyarakatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), terutama di sekolah. Dengan begitu, nantinya dapat menerapkan hidup sehat di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Pelatihan dua hari ini kami berikan agar siswa dapat memiliki keterampilan dalam menanggulangi berbagai permasalahan kesehatan di lingkungan sekolah, maupun tempat tinggal,” ujar Karnadi, di Puskesmas
Sawangan, Rabu (21/11/2018).

Ditambahkannya berbagai materi diberikan kepada para peserta dari petugas Puskesmas Sawangan. Mulai dari pengenalan Dokcil, pengenalan penyakit menular dan tidak menular, bahaya Napza, kesehatan lingkungan, imunisasi, hingga pengetahuan mengenai kesehatan gigi dan mulut.

“Kami juga memberikan materi mengenai gizi, kesehatan indra, serta Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Semoga saja pendidikan  kesehatan ini dapat terus melekat bagi para peserta, agar ke depan dapat menjadi penolong kesehatan bagi orang lain,” ucapnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :