Tingkatkan Kesejahteraan, Pemkot Depok Dorong Pembangunan Sanitasi yang Baikdepok.go.id – Pembangunan sanitasi menjadi salah satu aspek pembangunan yang terus didorong Pemerintah Kota Depok dalam rangka peningkatan kesejahteraan di Kota Depok. Hal ini disebabkan karena sanitasi sangat terkait langsung dengan seluruh aktivitas keseharian masyarakat.

Hal tersebut dikemukakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Harry Prihanto, dalam arahannya saat membuka secara resmi Konsultasi Publik Pemutakhiran Dokumen Strategi Sanitasi Kota Depok Tahun 2015 – 2019.

Harry menjelaskan untuk mewujudkan sanitasi yang berkualitas Pemkot Depok melakukan kajian menyeluruh terhadap kondisi sanitasi di Kota Depok, baik melalui data sekunder maupun survei langsung adalam bentuk Environmental Health Risk Assessment (EHRA) yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

“Dinkes telah mengadakan studi EHRA yang dapat dijadikan pedoman kita bersama dalam membentuk sebuah tatanan sanitasi di Kota Depok yang lebih baik lagi,” kata Harry

Menurut mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Depok ini, berbicara mengenai sanitasi pada dasarnya tidak hanya terkait infrastruktur semata, namun dapat dibangun dengan membentuk karakter di masyarakat agar senantiasa menjaga kesebersihan di semua bidang kehidupan.

“Untuk membentuk karakter masyarakat yang cinta kebersihan bisa diajarkan sejak dari kanak-kanak sehingga ketika besar nanti mereka dapat menjaga lingkungannya tetap bersih, yang salah satunya akan membuat sanitasi yang baik di rumahnya,” pungkas Harry.

Ia juga berharap hasil diskusi dan masukan yang didapat hari ini serta peran konsultatif dengan seluruh pemangku kepentingan (takeholder) dapat merumuskan langkah-langkah strategis pembangunan ke depan dengan mendapat dukungan penuh dari seluruh stakeholder.

“Harapan kami melalui konsultasi publik ini, kita bersama-sama dapat memberikan kontribusi positif bagi percepatan pembangunan sanitasi di Kota Depok,” tutupnya. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :