Lurah Cisalak Pasar cahyanto

Lurah Cisalak Pasar, Cahyanto. (Foto : Istimewa)

depok.go.id – Libur Natal dan Tahun Baru 2018 yang dibarengi dengan hari libur sekolah, menyebabkan sejumlah warga memilih untuk berwisata ke luar kota maupun mengunjungi kampung halamannya. Untuk mencegah terjadinya kasus kriminalitas terutama di beberapa rumah yang ditinggal warga berlibur maupun berkunjung ke kampung halaman, Lurah Cisalak Pasar (Cipas) , Cahyanto meminta kepada warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi keamanan di lingkungannya.

“Kami mengimbau kepada seluruh warga Cipas, terutama bagi Ketua RT dan RW agar tetap menjaga kondusivitas keamanan di masing-masing wilayahnya. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecenderungan peningkatan kriminalitas selama libur Natal dan Tahun Baru 2018,” ujar Cahyanto kepada depok.go.id, belum lama ini.

Dikatakannya, setiap warga juga diminta untuk tidak segan menegur apabila ada orang asing yang kedapatan beberapa kali melintasi wilayahnya. Sebab, menurut Cahyanto, banyak pelaku kriminalitas yang mencoba memanfaatkan kondisi lingkungan yang sepi untuk melakukan berbagai tindakan kejahatan.

“Para warga terutama petugas keamanan yang ada di masing-masing lingkungan jangan ragu untuk menegur apabila melihat orang yang tidak dikenal sedang mengamati lingkungan rumah mereka. Dengan begitu, para pelaku kriminalitas akan menjadi sungkan dan ragu untuk melakukan aksi kejahatannya di wilayah tersebut,” katanya.

Cahyanto menambahkan, bagi warga yang hendak berlibur ke luar kota maupun pergi ke kampung halaman, diimbau agar terlebih dahulu melapor kepada Ketua RT dan RW setempat. Serta memastikan rumah dalam kondisi terkunci dan aman.

“Bagi warga yang akan mudik atau berlibur, agar mengecek kembali kondisi rumahnya. Pastikan pintu dikunci, lampu luar dinyalakan, dan seluruh alat elektronik di rumah dalam keadaan tidak menyala. Jangan lupa untuk memberitahu tetangga terdekat atau ke Ketua RT dan RW, sehingga mereka tahu rumah yang sedang kosong karena ditinggal mudik dan berlibur,” tutupnya.

Penulis : Guntur Widyanto
Editor : Retno Yulianti dan Rita Nurlita
Diskominfo

Bagikan post melalui :