kartu ORI

Kartu Imunisasi ORI Difteri (Foto: Istimewa)

depok.go.id- Puskesmas Abadijaya, Sukmajaya Depok membuat inovasi dalam mengingatkan orangtua untuk pelaksanaan program outbreak response immunization (ORI). Pihaknya membuat kartu imunisasi yang dibagikan kepada orangtua atau anak usai melakukan imunisasi.

“Setiap orangtua yang membawa anaknya ke posyandu maupun puskesmas Posyandu atau siswa yang melakukan imunisasi di sekolahnya akan diberikan kartu ini sebagai pengingat,” tutur Penangung Jawab Imunisasi UPF Puskesmas Abadijaya Dian Susianti kepada depok.go.id, Kamis (21/12/2017).

Dikatakannya, selain menggunakan kartu imunisasi ORI Difteri tersebut, pihak puskesmas juga melakukan pencatatan dengan membuat tabel pencatatan. Data tersebut diberikan ke masing-masing puskesmas maupun sekolah yang melakukan pemberian imunisasi.

“Setiap petugas Puskesmas Abadijaya yang turun ke posyandu atau sekolah kami berikan form ini untuk diisi kalau nantinya orangtua kehilangan kartu imunisasinya,” tambah Dian.

Dalam hal ini, untuk pelajar yang melakukan imunisasi tahap pertama di Puskesmas atau Posyandu dapat membawa kartu imunisasi saat ada penyuntikan kembali di sekolah. Agar nantinya petugas Puskesmas tidak kesulitan dalam melakukan pendataan.

“Imunisasi ini tiga tahap, untuk tahap kedua dan ketiga bisa dilakukan dimana saja, yang terpenting kartu imunisasinya tetap dibawa,” tutup Dian.

Penulis: Indri

Editor : Retno Yulianti dan Rita Nurlita
Diskominfo

Bagikan post melalui :