Koordinator Kecamatan Bank Sampah Sawangan, Daud Maulana (mamakai peci), bersama Camat Sawangan, Zaenuddin dan peserta sosialisasi pemilahan sampah. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Kecamatan Sawangan menunjukkan keseriusannya dalam mewujudkan program unggulan Depok zero waste city dengan menyosialisasikan pemilahan sampah. Selain itu, diberikan pula pengetahuan pada masyarakat seputar perlunya bank sampah di lingkungan sekitarnya.

Koordinator Kecamatan Bank Sampah Sawangan, Daud Maulana mengatakan peserta sosialisasi yang hadir hingga 50 orang. Peserta ini bukan hanya dari kecamatan Sawangan tapi juga dari Kecamatan Bojongsari, Kecamatan Limo, dan Kecamatan Cinere.

“Kita ingin menumbuhkan semangat memilah sampah, tentu saja demi mewujudkan Depok bebas sampah,” ujar Daud, di Kecamatan Sawangan, Jumat (21/12/2018).

Ditambahkannya, berbagai materi diberikan pada masyarakat mulai dari permasalahan sampah di Kota Depok, bank sampah dan partai ember, hingga pemanfaatan sampah anorganik menjadi barang yang lebih berharga. Diharapkan setelah pelatihan ini para peserta bisa memilah sampah dan membentuk bank sampah di lingkungannya masing-masing.

“Dengan diberikannya pengetahuan tata cara pemilahan sampah yang benar, ke depan masyarakat bisa mendapatkan keuntungan apabila menyetorkan sampahnya ke bank sampah,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Sawangan Dadi Rusmiadi menyambut baik sosialisasi yang diadakan di Kecamatan Sawangan. Dirinya mengajak masyarakat untuk mulai mengolah sampah, mulai dari diri pribadi atau diri sendiri terlebih dahulu. Serta pengolahan sampah dilakukan sejak dari sampah rumah tangga di tempatnya masing-masing.

“Pemilahan sampah harus dimulai dari diri pribadi atau diri kita sendiri untuk melaksanakan hal tersebut, kemudian kita bisa ajak tetangga terdekat kita untuk mengikuti jejak kita yang sudah terlebih dahulu memilah,” tandas Dadi.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor : Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :