depok.go.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengajak masyarakat untuk  menerapkan pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara mandiri. Pasalnya, hal tersebut sangat efektif mencegah penyebaran DBD terutama di musim hujan.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok Umi Zakiyati mengatakan, memasuki musim hujan akan banyak genangan air yang dapat menjadi sarang nyamuk berkembangbiak. Hal tersebut menjadi penyebab utama sarang nyamuk DBD, sehingga dibutuhkan peran masyarakat dalam menerapkan PSN.

“Kami ajak masyarakat agar memperhatikan lingkungan sekitar, terlebih tempat-tempat genangan air yang dapat bersarang nyamuk, tentunya dengan penerapan PSN ini,” tuturnya kepada depok.go.id, Selasa (22/01/19).

Dikatakannya, PSN yang paling mudah dilakukan adalah dengan memperhatikan tempat-tempat sarang nyamuk berada. Kemudian, baru masyarakat bisa melakukan (3M) yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur barang-barang yang tidak terpakai.

Selain itu juga dilakukan pemeriksaan jentik berkala dan pemberian abate. Pemeriksaan dilakukan oleh kader jumantik sekaligus mengedukasi agar masyarakat peduli terhadap kesehatan. Terutama menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari DBD.

“Semoga dengan upaya yang dilakukan ini masyarakat dapat terhindar DBD,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :