Petugas Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok melakukan simulasi evakuasi korban tenggelam di depan Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna (Foto: Asyril/ Diskominfo)

depok.go.id – Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok menggelar simulasi penyelamatan korban tenggelam saat Forum Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah di Gedung Sasono Mulyo, Cilodong, Jumat (22/02/19). Kegiatan tersebut untuk melatih kesiapan petugas jika sewaktu-waktu menerima laporan orang tenggelam di Kota Depok.

Simulasi berawal dari seorang pria yang tenggelam. Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok yang mendapatkan laporan langsung menerjunkan petugas guna mengevakuasi korban tenggelam.

Aksi heroik petugas Damkar dan Penyelamatan berhasil mengevakuasi nyawa pria tersebut. Petugas menunjukkan kemahiran dalam menyelam saat melalukan proses evakuasi korban.

“Dalam kondisi seperti ini, tim kami sudah mahir untuk menyelamatkan korban dengan perlengkapan seperti tabung atau safety jacket,” ujar Kepala Seksi Penanggulangan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Tesy Haryati, usai simulasi penyelamatan.

Menurutnya, pihaknya kerap menangani korban  tenggelam di sungai atau situ. Dimana dalam penyelamatan di sungai sering menemukan kesulitan. Seperti kekeruhan air, sehingga petugas harus mengandalkan indera peraba dalam penyelamatan korban.

Karena itu, sambung Tesy, petugas yang diterjunkan harus memiliki sertifikat. Sebab, personel yang melaksanakan tugas wajib mempunyai kemampuan melalui sertifikasi tersebut.

“Kami terus meningkatkan sarana dan prasarana untuk penyelamatan. Ditambah dengan penambahan personel yang tersertifikasi khususnya untuk yang punya skill menyelam,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :