depok.go.id -Aplikasi Sistem Informasi Bidan Praktik Swasta (SIBIMA) dinilai efektif mendukung program kesehatan ibu dan anak (KIA) di Kota Depok. Melalui aplikasi tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok dapat memantau dan mengevaluasi banyaknya kontribusi pelayanan yang diberikan oleh bidan praktik mandiri.
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Depok May Haryanti mengatakan, semua bidan praktik mandiri yang sudah resmi terdaftar di Depok, setiap harinya melakukan penginputan data pelayanan melalui SIBIMA. Pelaporan yang disampaikan dapat diakses secara langsung oleh Dinkes Depok.
“Kami melihat seberapa banyak pelayanan yang dilakukan bidan praktik mandiri terhadap ibu dan anak melalui SIBIMA,” tuturnya kepada depok.go.id di Wisma Hijau, Jumat (22/02/19).
Lebih lanjut ucap May, sapaan akrabnya, ada sejumlah pelayanan yang diinput melalui aplikasi SIBIMA. Antara lain pemeriksaan ibu hamil, pelayanan KB, pelayanan persalinan, serta imunisasi.
Dikatakannya, melalui SIBIMA juga dapat dilihat seberapa banyak pelayanan yang dilakukan. Dengan begitu, dapat terlihat juga di wilayah mana yang mengalami peningkatan kesehatan ibu maupun anak.
“Kami juga bisa melihat sejauh mana kontribusi bidan praktik mandiri untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan capaian KIA di Depok,” pungkasnya.
Penulis : Indri Purnama
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo
Bagikan post melalui :