Dinkes Depok menggelar peatihan Caregiver di Wisma Hijau. (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya memberikan perhatian lebih kepada lansia agar sehat dan produktif. Seperti yang ditunjukkan Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan memberi pelatihan Caregiver sebagai upaya peningkatan kesehatan keluarga lansia.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, May Haryanti mengatakan, melalui pelatihan yang dilakukan tingkat kesehatan lansia dapat terus meningkat. Selain itu, pendampingan kepada lansia dapat terus dilakukan anggota keluarganya.

“Kami ingin agar lansia dapat mendapatkan perhatian khusus dari segi kesehatannya, baik pengetahuan dalam diri lansia tersebut maupun bagi keluarga pendamping,” tuturnya saat ditemui di Wisma Hijau, Jumat (22/02/19).

Dalam pelatihan tersebut, lanjut May, pihaknya menggandeng Pusat Kajian Kelanjutusiaan Universitas Indonesia (UI) dan Centre For Family And Ageing Studies Universitas Respati Indonesia (CeFAS URINDO) untuk memberikan informasi terkait pendampingan dan perawatan jangka panjang terhadap lansia. Adapun materi yang disampaikan meliputi pengenalan penyakit pada lansia, gizi lanjut usia, komunikasi dengan lansia, serta kualitas hidup lansia.

Setelah mengikuti pelatihan ini, sambungnya, baik lansia maupun pendampingnya dapat melakukan tindaklanjut dengan menyampaikan informasi serupa kepada masyarakat. Nantinya juga akan ada pendampingan dari puskesmas setempat agar kesehatan lansia dapat terpantau dengan baik.

“Petugas puskesmas akan turut serta melakukan pendapingan kepad lansia dan pendamping lansia agar kesehatannya dapat terus terjaga,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :