Tingginya kasus kanker serviks dan kanker payudara di Indonesia disebabkan karena kurangnya kesadaran untuk melakukan deteksi dini sedangkan kanker tersebut tidak menimbulkan gejala yang menyolok, sehingga sebagian besar kaus ditemukan pada stadium lanjut dan mengakibatkan kematian. Setiap perempuan memiliki resiko untuk terkena kanker serviks dan kanker payudara tanpa melihat kondisi sosial, ekonomi, status dan usia.

Dengan adanya Yayasan Kanker Indonesia (YKI) mulai dari tingkat pusat sampai ke daerah (YKI Cabang) diharapkan dapat membantu memfasilitasi agar penyakit kanker dapat di temukan dalam stadium dini dan terdeteksi secara dini melalui serangkaian kegiatan yang telah dilakukan selama ini.

Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) di tingkat pusat merupakan pelopor utama bergeraknya program peduli kanker sejak 10 tahun yang lalu. Di Kota Depok, PKTP difungsikan sebagai kepanjangan tangan pengurus YKI Cabang Kota Depok, dalam upaya membantu Pemerintah melakukan upaya penanggulangan kanker dengan mengadakan berbagai kegiatan di bidang promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Adapun kepengurusan PKTP Tingkat Kecamatan terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara dan anggota. Dengan posisi Pembina adalah Camat, Penasehat adalah Istri Camat dan Ka UPT Puskesmas Kecamatan yang bertanggung jawab kepada Ketua YKI Cabang Kota Depok yang saat ini dijabat oleh Dra. Hj. Nur Azizah Tamhid, MA.

pengurus kec PanmasPengurus PKTP Tingkat Kecamatan untuk masa bakti 2012-2017 dilantik pada 8 Februari 2013 dengan fungsi sebagai perencana, pengelola, penggerak dan melakukan analisa serta monitoring dan evaluasi kegiatan penanggulangan kanker terpadu paripurna.

Dalam tugasnya, PKTP dilengkapi dengan 4 Seksi yakni:

  • Seksi Pendidikan dan Pelatihan
  • Seksi Pelayanan
  • Seksi Komunikasi Informasi Edukasi
  • Seksi Penggalangan Dana

Peran Pengurus PKTP adalah:

  • Menyusun strategi untuk penanggulangan kanker secara terpadu dan paripurna.
  • Melakukan Penyuluhan dan Penemuan dini
  • Melakukan Hospice Home Care atau kunjungan rumah kepada penderita kanker terminal jika pengobatan sudah tidak dapat mengatasi kesembuhan
  • Menyiapkan dan memberikan konseling termasuk konseling spiritual bagi pasien maupun keluarga pasien
  • Melaksanakan bakti sosial dalam rangka penyebaran informasi tentang bahaya  kanker dan cara pencegahannya.
  • Melaksanakan upaya penggalangan dana yang sah dan tidak mengikat untuk membiayai kegiatan organisasi

Berkaitan dengan dana, maka PKTP Kecamatan diharapkan bisa mandiri dengan memanfaatkan CSR/Donatur yang ada disekitar wilayah kecamatan dalam melaksanakan program kerjanya.

Sejak digulirkannya Program GNPCKS (Gerakan Nasional Peduli dan Cegah Kanker Serviks) oleh YKI Pusat diseluruh YKI Cabang di Indonesia dengan program Deteksi Dini baik IVA ataupun Papsmear serta cara pelaporan program tersebut, maka YKI Cabang Kota Depok berharap program ini dapat membantu arah kerja PKTP Kecamatan dan secara berkala dapat mengirimkan hasil kegiatan yang telah dilakukan.

(Diskominfo/Feny)

Bagikan post melalui :