IMG_0596[1]

Dalam rangka mensukseskan program kerjanya agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, YKI Cabang Kota Depok periode 2011-2016 memandang perlu adanya pembekalan bagi Pengurus PKTP (Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna) Tingkat Kecamatan, mengingat PKTP Kecamatan merupakan ujung tombak bagi tercapainya program kerja YKI Cabang Kota Depok

Pembekalan untuk meningkatkan kualitas Pengurus PKTP Kecamatan dalam pelayanan kemasyarakat, terutama ketika mengadakan Penyuluhan dan deteksi dini, dilakukan pada Jumat, 22 Maret 2013, di Gedung DPPKA Lt.2 Kota Depok.

Materi pembekalan yang diberikan antara lain:

TUPOKSI PKTP diantaranya :

  • Makna dan Fungsi PKTP
  • Administrasi pelaporan kegiatan penyuluhan
  • Pencarian dan pengelolaan dana kegiatan PKTP

Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Metode SADARI

SADARI adalah salah satu cara deteksi dini bagi para wanita untuk mengetahui apakah ada benjolan disekitar payudaranya atau tidak, karena benjolan yang ada dan disertai rasa nyeri dapat mengindikasikan pada gejala kanker payudara. Sadari dilakukan saat menstruasi pada hari ke 7 sampai ke 10 setelah hari pertama haid dan bisa dilakukan dirumah jika sudah mengetahui cara metode tersebut. Pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan melihat perubahan yang ada pada sekitar lingkaran payudara dihadapan cermin yang dapat dilakukan sambil berdiri atau dengan cara berbaring

Komunikasi Inter Personal Konseling – KIP/K

KIP/K merupakan suatu metode komunikasi antara pasien dengan konselor dalam mencari penyelesaian permasalahan kesehatan yang dihadapinya. Konseling adalah Proses dimana konselor berusaha membantu dan memecahkan permasalahan yang dihadapi klien. Dengan adanya interaksi dua arah antara klien dan konselor diharapkan akan tergali kebutuhan,pengetahuan dan permasalahan seksualitas dan kesehatan reproduksi (SKR) klien tanpa melihat jenis pelayanan kesehatan yang ditekuni petugas dan jenis pelayanan yang diminta klien (Engender Health 2003). Konseling biasanya dilakukan lebih dari 1x pertemuan, tapi harus diingat Peran Konselor bukan untuk mencari atau memberikan solusi tetapi memberikan informasi, pengetahuan, dukungan dan semangat kepada klien agar mampu membuat keputusan sendiri.

Pelayanan Paliatif dan Hospice Home Care

Perawatan paliatif adalah semua tindakan aktif guna meringankan beban penderita, terutama yang tidak mungkin disembuhkan (pasien kanker terminal). Tindakan aktif yang dimaksud ialah antara lain menghilangkan rasa nyeri dan keluhan lain, serta perbaikan dalam bidang psikologis, sosial dan spiritual.

Hospice Home Care /perawatan di rumah bagi pasien terminal adalah pelayanan pasien terminal dimana pengobatan tidak menghasilkan kesembuhan lagi. Tujuannya :

  1. Meningkatkan kualitas hidup pasien dengan memperhatikan bio psiko social & spiritual
  2. Memberikan dukungan kepada keluarga di rumah seperti pada masa duka

 Setelah mendapat pembekalan ini diharapkan para pengurus PKTP Kecamatan dapat mengetahui dan melaksanakan tugasnya dengan baik serta tertib administrasi dengan melaporkan kegiatan yang telah dilakukan secara berkala kepada YKI Cabang Kota Depok, sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi dalam pelaksanaan program-program kerja berikutnya.

(Diskominfo/Feny)

Bagikan post melalui :