ST2013JPG

Badan Pusat Statistik Kota Depok akan menggelar Sensus Pertanian 2013 (ST2013) pada 1-31 Mei 2013 untuk menghitung jumlah petani di seluruh wilayah Kota Depok pada suatu titik waktu tertentu dengan tujuan utama mendapatkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat sebagai bahan perencanaan maupun evaluasi hasil-hasil pembangunan khususnya di sektor pertanian.

Sektor pertanian berperan penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Pertanian memberikan kontribusi terbesar kedua (14,7%) setelah industri (24,3%) dalam Produk Domestik Bruto Indonesia tahun 2011. Dari 112,8 juta penduduk Indonesia yang bekerja pada Februari 2012, sektor pertanian menyerap tenaga kerja terbanyak (36,52%).

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik mengamanahkan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk melaksanakan statistik dasar, yaitu sensus penduduk, sensus pertanian, dan sensus ekonomi yang masing-masing diselenggarakan setiap sepuluh tahun sekali. Sensus Pertanian yang diselenggarakan tahun 2013 merupakan sensus yang keenam kalinya.

Tujuan pencacahan lengkap ST2013 adalah:

  • Mendapatkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat supaya diperoleh gambaran yang jelas tentang struktur pertanian di Indonesia.
  • Mendapatkan kerangka sampel (sampling frame) yang dapat dijadikan landasan pengambilan sampel untuk survei-survei pertanian rutin.
  • Memperoleh berbagai informasi tentang populasi rumah tangga usaha pertanian, rumah tangga petani gurem, jumlah pohon dan ternak, distribusi penguasaan dan pengusahaan lahan menurut golongan luas dan sebagainya. Hasil pencacahan lengkap ST2013 juga akan digunakan sebagai angka patokan (benchmarks) untuk memperbaiki perkiraan produksi tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan.

ST2013 mencakup seluruh usaha pertanian di subsektor tanaman pangan, holtikultura, perkebunan, perikanan, perternakan, dan kehutanan, baik pada rumah tangga, perusahaan, maupun pesantren/seminar, lembaga masyarakat, barak militer dan kelompok usaha bersama. Petugas akan mendatangi seluruh usaha pertanian dan tempat tinggal pelaku usaha pertanian untuk melakukan pendataan dengan menggunakan kuesioner. Petugas ST2013 mengenakan seragam rompi berwarna hijau dengan gambar logo BPS dan ST2013 serta dilengkapi dengan surat tugas.

Pembukaan ST2013 Kota Depok telah dilaksanakan pada Kamis, 21 Maret 2013 yang lalu, di Aula Lt. 1 Balai Kota Depok dengan mengusung tema “Kebenaran Jawaban Anda Membantu Keberhasilan Pembangunan Pertanian” yang dibuka oleh Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail dan dihadiri oleh kepala BPS Tata Jumantara, Kepala Camat, Kepala Lurah dan OPD terkait. “Harap camat, lurah dan siapapun agar wajib lapor ke BPS, bilamana warga kita memiliki lahan pertanian, bukan untuk dimintai pajak jadi tenang saja ini untuk kepentingan kita bersama agar pertanian di Kota Depok terdata” tegas Nur Mahmudi Ismail.

Foto Terkait:

IMG_0575[1]

IMG_0566[1]

IMG_0565[1]

(Diskominfo/Feny)

Bagikan post melalui :