Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sawangan, Matobi.

depok.go.id – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sawangan menyiapkan 511 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak yang akan digelar 17 April 2019. Ratusan TPS tersebut rencananya bakal tersebar di tujuh kelurahan yang ada di Kecamatan Sawangan.

“TPS akan dibuka tepat pukul 07.00 wib, kemudian ditutup pukul 13.00 wib,” kata Ketua PPK Sawangan, Matobi kepada depok.go.id, Jumat (22/03/19).

Menurutnya, warga bisa mencoblos menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP asalkan sesuai dengan domisili tempat tinggalnya. Mereka masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) maupun Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

“Para DPK tersebut bisa menyalurkan hak pilihnya di TPS mulai pukul 12.00 wib. Sedangkan, bagi pemilih yang pindah mencoblos bisa menyalurkan hak pilihnya pada pukul 07.00 – 13.00 wib dengan memperlihatkan formulir A5,” tuturnya.

Lebih lanjut, ucapnya, untuk Kecamatan Sawangan sendiri berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan ke-2 (DPTHP-2) terdapat 101.627 orang. Data tersebut belum termasuk daftar pemilih pindahan dan daftar pemilih khusus.

“Untuk daftar pemilih pindahan dan daftar pemilih khusus insyaAllah nanti akan kami rekap pada tanggal 5 April mendatang,” terangnya.

Dikatakannya untuk mencoblos nanti, pemilih di Kota Depok akan mendapatkan lima kertas suara. Surat suara warna hijau untuk memilih DPRD kabupaten/kota, surat suara warna biru untuk DPRD Provinsi. Selanjutnya surat suara berwarna warna kuning untuk DPR RI, serta surat suara merah memilih DPD.

“Kemudian, surat suara berwarna abu-abu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden RI. Jadi silahkan dicoblos lima surat suara tersebut di TPS,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Retno Yulianti
Diskominfo

Bagikan post melalui :