kepala keperawatan

Kepala Bidang Keperawatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, Dyah Fitri Wulandari. (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id – Kegiatan cuci tangan ternyata tidak bisa dianggap remeh. Sebab, cuci tangan adalah benteng utama yang paling efektif dalam mencegah penyakit menular.

Kepala Bidang Keperawatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, Dyah Fitri Wulandari, mengimbau kepada seluruh warga Kota Depok untuk melakukan gerakan cuci tangan yang benar. Dengan cara itu, diyakini menjadi pertahanan pertama dari penyakit, baik yang menular maupun yang mematikan.

“Kuman dan bakteri bisa menular melalui banyak cara, dan yang paling rawan adalah tangan. Ketika tangan yang mengandung kuman menyentuh mata, hidung, atau mulut, maka bisa jadi akan terserang penyakit,” ujar Dyah, Sabtu (22/04/2017).

Dyah juga menjelaskan, dengan mencuci tangan yang benar dapat mencegah resiko diare dan sakit perut. Karena hanya dengan mencuci tangan akan mengurangi resiko diare dan gangguan infeksi usus secara signifikan, khususnya pada anak-anak.

“Sakit diare pada anak sering mengakibatkan kematian. Agar tidak sampai terjadi, cuci tangan dengan sabun dapat mencegah penyakit ini, termasuk mencegah cacingan,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, untuk menyebarluaskan informasi pentingnya mencuci tangan pada masyarakat Depok, pihak RSUD Kota Depok sering mengadakan penyuluhan, baik kepada pasien rawat inap, pasien rawat jalan, ataupun keluarga pasien yang menunggu.

“RSUD Kota Depok terus berupaya tidak hanya melakukan upaya kuratif saja, bahwa kalau ada yang sakit akan kami tangani. Tapi, kami juga melakukan upaya preventif terjadinya penyakit, salah satunya dengan mengedukasi masyarakat untuk mencuci tangan,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :