pramuka

TANAM POHON: Gerakan Pramuka Kwarran Cilodong melakukan penanaman pohon di halaman Pemakaman Sukamaju pada Sabtu (22/04/2017). (Foto:Dian/Diskominfo)

depok.go.id- Dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan dan sosial di Kota Depok. Maka, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Cilodong mengadakan kegiatan Pramuka Peduli Lingkungan di Setu Bahar serta Pemakaman Sukamaju, Kecamatan Cilodong pada Sabtu (22/04/2017)

Ketua Kwarran Cilodong, Sumantri mengatakan, sebagai makhluk Tuhan dan makhluk sosial sudah sepatutnya menyadari dalam kehidupan harus selalu menumbuhkan kepedulian atas lingkungan serta bekerjasama dengan masyarakat.

“Karena itu, sebagai remaja yang aktif kegiatan Pramuka. Kami berinisiatif untuk melakukan penanaman pohon serta bersih – bersih di Setu Bahar, Kampung Sidamukti, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong,” katanya kepada depok.go.id, Sabtu (22/04/2017).

Menurutnya, dengan kegiatan tersebut, dapat menjadi wadah pembelajaran dalam ekstrakulikuler Pramuka yang peduli terhadap masyarakat. Selain juga, untuk mempererat tali persaudaraan antar elemen masyarakat. Serta menumbuhkan empati dalam membangun kondisi lingkungan sekitar.

“Tentunya dari kegiatan ini, kami memberikan berbagai pelajaran bagi para peserta. Salah satunya, agar Pramuka lebih peduli dengan kebersihan,” ucapnya.

Dikatakannya, kegiatan tersebut yang diikuti oleh 300 anggota Pramuka dari pelajar tingkat SD dan SMA. Ada pula warga Sukamaju yang ikut menyaksikan kegiatan para anggota Pramuka tersebut.

Sumantri berharap, ke depan, Kwarran Pramuka Cilodong bisa lebih melakukan berbagai kegiatan positif. Guna membantu warga sekitar dalam berbagai kegiatan sosial.

“Kegiatan ini merupakan program yang sangat baik dalam membantu kebersihan lingkungan. Semoga saja tidak hanya Pramuka yang ikut andil untuk peduli terhadap lingkungan. Warga pun harus lebih aktif lagi untuk menjaga kebersihan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Depok Nina Suzana menjelaskan, kegiatan ini harus dicontoh oleh Pramuka lain. Sekaligus juga oleh warga Depok. Selain itu, sambungnya, saat ini peran Pemerintah Kota Depok dalam menjaga kebersihan lingkungan juga semakin baik.

“Semoga saja dengan adanya kegiatan ini, warga Depok bisa lebih menjaga lingkungan dengan baik. Karena Pemerintah Kota Depok sudah memfasilitasi dalam kebersihan, tinggal warganya yang menjaga dan merawat,” tandasnya.

Penulis : Dian Afrianti Kunto

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :