Caption: Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida memberikan motivasi kepada wali murid TK dan PAUD se-Kota Depok, dalam kegiatan seminar parenting “ Kiat Mengatasi Ketergantungan Anak pada Gadget” di Hotel Bumi Wiyata, Minggu ( 22/04/2018).

depok.go.id – Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida mengajak seluruh orang tua memantau penggunaan gawai (gadget) bagi anak. Bahkan, dia juga membagikan tips pada orang tua agar sang anak tidak larut dalam ketergantungan gawai yang berlebihan.

“Saat ini, gadget tidak lagi ditemui pada orang dewasa saja, melainkan pula dipakai oleh anak- anak. Di sini tentunya peran orang tua sangat dibutuhkan untuk bersikap bijak dalam memberikan alat komunikasi tersebut,” ujarnya usai memberikan motivasi kepada wali murid TK dan PAUD se-Kota Depok, dalam kegiatan seminar parenting, “Kiat Mengatasi Ketergantungan Anak pada Gadget”, di Hotel Bumi Wiyata, Minggu ( 22/04/2018).

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, jika digunakan dengan bijak maka gawai akan bermanfaat sebagai media pembelajaran untuk anak. Tapi, jika penggunaannya tidak terkontrol maka pengaruhnya akan sangat berbahaya bagi tumbuh kembang anak.

“Berikan batasan waktu penggunaan gadget, misalnya tidak boleh pada hari sekolah, yaitu Senin hingga Jumat. Saat akhir pekan, Sabtu dan Minggu pun sebaiknya penggunaan dibatasi, misalnya masing-masing 30 menit pada pagi hari dan sore hari. Sehingga waktu tidak dihabiskan hanya bermain gadget saja, dan tidak mempedulikan lingkungan sekitar yang nantinya dapat membentuk anak menjadi pribadi yang kurang baik,” jelasnya berbagi tips.

Dirinya menambahkan, melalui pendampingan orang tua kepada anak saat menggunakan gawai tentunya dapat meningkatkan peran keluarga dalam mendidik anak di era digital. Dirinya berharap, kemajuan teknologi saat ini dapat bermanfaat bagi anak baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir serta pembentukan mental si anak.

“Peran orang tua yakni ayah dan bunda sebagai penanggung jawab utama atas anak, harus menjalin kerja sama secara baik. Sehingga peran orang tua dalam mendidik anak dapat mencetak generasi cerdas serta berakhlak mulia di era digital saat ini bisa terwujud,” tutupnya.

 

 

Penulis : Dian afrianti Kunto

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :