Lurah Lewinanggung, Syahruddin (kanan) bersama salah satu warga saat meninjau pos ronda di salah satu RT. (Foto: Istimewa)

depok.go.id- Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) bukan hanya menjadi tugas aparat keamanan saja, tetapi juga dibutuhkan peran serta masyarakat guna menciptakan lingkungan yang kondusif. Untuk itu, Kelurahan Leuwinanggung di Kecamatan Tapos menghidupkan kembali Sistem Keamananan Lingkungan (Siskamling) dengan melakukan penjagaan malam di pos ronda.

“Demi mengantisipasi keamanan di lingkungan terutama di bulan Ramadan ini, kami hidupkan kembali jadwal ronda malam yang ada di seluruh RT,” tutur Lurah Leuwinanggung, Syahruddin kepada depok.go.id, Selasa (22/05).

Dikatakannya, pihaknya sudah membentuk pos ronda hampir di 43 RT dan 14 RW yang terdapat di kelurahan tersebut. Semua pos ronda tersebut dikontrol oleh Lurah, Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

“Warga juga aktif sebab ada agenda kontrol ke setiap pos ronda. Menjelang maghrib, mereka ikut dalam acara buka bersama (bukber) dan tarawih keliling (tarling) sekaligus pengawasan lingkungan,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, guna meningkatkan motivasi warga untuk menjaga keamanan lingkungan, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada setiap pos ronda yang kreatif dan aktif dalam melakukan penjagaan setiap malam. Terutama, pos ronda yang telah dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk penjagaan seperti, kentongan, senter, dan lainnya.

“Kami juga mengimbau warga agar di bulan Ramadan ini dapat melakukan penguatan kewaspadaan dini di lingkungan masing-masing,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diakominfo

Bagikan post melalui :