depok.go.id – Biasanya seorang manusia akan lebih banyak bersyukur kepada Allah Swt hanya ketika mendapat rezeki dari Allah Swt. Padahal, pada dasarnya hakikat bersyukur tidaklah hanya ketika Allah memberikan rezeki saja.

Demikian dikatakan Ash Shiddiq salah satu pemateri dalam acara pesantren kilat yang diadakan oleh Pokja 1 TP PKK Kota Depok di lokasi P2WKSS, RW 07, Kelurahan Cipayung. Saat di hadapan sekitar 100 peserta pesantren kilat, Shiddiq menjelaskan bahwa dalam hidup dibutuhkan sikap dan ucapan rasa syukur kepada Allah Swt tidak hanya ketika mendapat rezeki saja, namun berbagai nikmat yang telah Allah berikan patut untuk disyukuri.

“Nikmat berupa sehat, keluarga yang utuh, kebahagiaan dalam hidup merupakan beberapa hal yang patut disyukuri oleh kita semua,” ujar Shiddiq.

Mahasiswa Hubungan Internasional UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu mengatakan, memaknai rasa syukur bukan hanya pasrah akan ketentuan yang telah Allah gariskan. Akan tetapi, harus berusaha sekuat tenaga agar apa yang menjadi keinginan atau yang dicita-citakan bisa terwujud. Selebihnya, lanjut Shiddiq, hasil apa yang Allah berikan itulah yang patut disyukuri.

Pria yang hafidz Al-quran itu juga menekankan bahwa dampak manusia yang bersyukur akan membawa kemenangan dalam hidup.

“Manusia itu banyak keinginannya, namun keinginan itu tidak dapat dicapai semua. Melalui bersyukur, manusia akan dapat menerima apa yang sudah Allah gariskan, di situlah titik kemenangannya,” urainya.

Sementara itu, materi yang dibawakan oleh Shiddiq di hadapan kaum ibu dan remaja warga binaan P2WKSS ini diberikan dalam bentuk yang komunikatif. Peserta selain mendapat teori tetapi juga ada dialog dan games atraktif, sehingga tidak membuat para peserta merasa bosan. Selain itu, para peserta juga diminta untuk menuliskan nikmat apa yang telah Allah berikan sehari yang lalu pada secarik kertas. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :