????depok.go.id – Sebanyak tujuh unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dikerahkan untuk memadamkan si jago merah yang sedang beraksi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Jalan Akses Universitas Indonesia, Kelurahan Tugu, Cimanggis, Minggu (21/06/15).

Peristiwa yang berlangsung sekitar pukul 22.00 WIB itu disinyalir terjadi akibat percikan api saat petugas rutin melakukan servis alat pada salah satu mesin pompa bensin sehingga membuat dua ledakan tak terelakan.

Tak ayal, lalu lintas di sepanjang jalan tersebut mendadak lumpuh karena pengendara dan pengguna jalan memadati lokasi tersebut untuk melihat kobaran api.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok, Yayan Arianto mengatakan, kejadian ini diduga akibat korsleting listrik di dalam mesin pertamax yang membuat percikan api keluar dari mesin tersebut.

“Alhamdulillah api dapat dikuasai jadi tidak menyebar ke stasiun BBM samping dan tangki utama,” jelas Yayan.

Dirinya juga menambahkan bahwa kondisi SPBU ketika itu sepi, lantaran sejak pukul 11.00 WIB, SPBU tersebut tidak melayani pembeli alias tutup.

“Belum tahu mengapa SPBU ini tutup, mungkin habis bahan bakarnya, atau mungkin juga mengantisipasi karena korsleting listrik ini,” ujarnya.

Sempat terjadi kekhawatiran ledakan akan menyusul dan merambat ke pemukiman warga. Namun, karena kesigapan petugas Damkar, kekhawatiran itu memudar seiring mengecilnya api yang dipadamkan petugas.

Api berhasil dijinakkan sekitar 15 menit kemudian setelah Damkar tiba di lokasi sekitar 20 menit. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kerugian ditaksir sekitar Rp. 50 juta. Sementara itu, polisi memasang garis polisi guna penyelidikan lebih lanjut. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :