Kepala Disdagin Kota Depok, Kania Parwanti. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id- Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar modern pada Kamis (21/06). Sidak tersebut dilakukan guna memantau kondisi harga bahan kebutuhan pokok pasca lebaran 2018.

“Kami melaksanakan sidak ke pasar modern untuk mengecek ketersediaan dan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok. Tak hanya itu, kami juga memastikan harga bahan kebutuhan pokok yang dijual sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI),” tutur Kepala Disdagin Kota Depok, Kania Parwanti kepada depok.go.id, Jumat (22/06).

Dikatakannya, dalam sidak tersebut yang menjadi fokus pengecekan adalah komoditi yang memiliki HET antara lain beras, minyak goreng, gula pasir, daging ayam, daging beku, dan telur ayam ras. Menurutnya, berdasarkan hasil pengecekan, harga sejumlah bahan kebutuhan pokok tersebut masih sesuai dengan HET yang ditetapkan dan persediaannya juga mencukupi.

“Untuk harga telur ayam ras Rp 22.000 per kg, daging ayam ras Rp 33.000 per kg, minyak goreng kemasan Rp 11.000 per liter, gula pasir Rp 12.500 per kg, dan daging beku Rp 80.000 per kg,” katanya.

Dirinya menambahkan, sebelum dan saat lebaran, pihaknya juga secara rutin melakukan sidak ke sejumlah pasar modern yang berada di Kota Depok. Kania menyebutkan terdapat empat pasar modern yang telah dilakukan sidak.

“Sidak seperti ini rutin dilakukan saat waktu-waktu tertentu yang diperkirakan mempunyai dampak inflasi tinggi. Misalnya saat lebaran menjadi prioritas kami,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :