Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida saat menghadiri Bedah Buku Cinta Yang Berpikir’ pada Sabtu (21/07). (Foto : Janet/Diskominfo)

depok.go.id- Semua orangtua menginginkan anaknya bahagia dan tumbuh menjadi anak yang memiliki karakter baik dan unggul. Untuk itu, dalam mendidik anak dibutuhkan cinta agar mereka menjadi pribadi yang penyayang.

Menurut Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida, mendidik anak merupakan kewajiban dan suatu panggilan jiwa. Untuk itu, dalam mendidik anak harus dengan cinta dan kasih sayang.

“Menjadi orangtua tidak ada sekolahnya. Namun dengan literasi, kita bisa sedikit memahami bagaimana mendidik anak dengan berbagai macam cara,” ucap Bunda Elly, sapaan akrabnya, usai menghadiri Bedah Buku ‘Cinta Yang Berfikir’ karangan Ellen Kristi di Gramedia Depok, Sabtu (21/07).

Lebih lanjut, ujarnya, cinta yang dimaksud dalam mendidik adalah perhatian orangtua kepada anak. Orangtua memiliki tanggung jawab besar untuk membentuk karakter seorang anak.

“Jadi, mendidik anak dengan cinta ini berkaitan dengan lima bahasa cinta yang terus kami gaungkan,” katanya.

Bunda Elly menjelaskan, kelima bahasa cinta yang perlu dilakukan oleh orangtua kepada anak antara lain penggunaan kata maaf dan tolong, sentuhan fisik, tanda kasih sayang. Selanjutnya adalah berkegiatan bersama dan saling berkomunikasi agar tercipta ketahanan keluarga yang menjadi program unggulan di Kota Depok.

Dirinya menambahkan, dengan literasi dalam pendidikan karakter anak, diharapkan dapat mendorong para orangtua memberikan pola pengasuhan yang tepat. Tentunya, sesuai dengan minat dan bakat anak.

“Pengetahuan tentang mendidik anak ini sangat baik. Namun, jangan lupa juga dengan dengan pendidikan agamanya,” pungkasnya.

 

Penulis : Janet Swastika

Editor    : Retno Yulianti

 

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :