Seorang peserta sedang melakukan ekspose materi inovasi ke dewan juri di Lomba Keteladanan PAUD Tingkat Kota Depok. (Foto:Pipin/Diskominfo)

depok.go.id-depok.go.id – Sebanyak 25 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengikuti Lomba Keteladanan Tingkat Kota Depok. Kegiatan yang diinisiasi Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas lembaga PAUD di Kota Depok.

Kepala Bidang (Kabid) PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Disdik Depok, Tatik Wijayanti mengatakan, kegiatan tersebut bukan hanya diikuti guru Taman Kanak-kanak (TK), melainkan juga pendidikan non-formal. Seperti Kelompok Bermain, Satuan PAUD Sejenis (SPS), dan Day Care.

“Puluhan guru yang mengikuti lomba ini merupakan hasil seleksi dari Organisasi Mitra (Ormit) PAUD di masing-masing kecamatan,” katanya di Balai Kota, Senin (22/07/2019).

Lebih lanjut, ucap Tatik, peserta akan bertanding menciptakan inovasi pembelajaran di beberapa kategori lomba. Adapun untuk hari ini adalah lomba di bidang kelembagaan yang meliputi inovasi pembelajaran dan pengetahuan guru terkait PAUD.

Sementara untuk senam dan kesenian, sambungnya, akan dilaksanakan pertengahan Agustus mendatang.

“Teknisnya, mereka dibagi kelompok sesuai jenjangnya, kemudian melakukan presentasi dan tanya jawab. Kepanitiaannya sendiri dari Disdik dan Forum PAUD,” tuturnya.

Tatik menambahkan, masing-masing bidang sudah disiapkan kategori penilaian sesuai petunjuk pelaksana (juklak) lomba. Misalkan bidang kelembagaan, seperti penguasaan kematerian dan teknik penyajian.

“Perlombaan bidang kelembagaan ini juga sebagai persiapan kami menghadapi perlombaan sejenis tingkat provinsi. Namun untuk seni dan senam, hanya untuk meningkatkan sinergitas antar lembaga dan pemerintah. Mudah-mudahan lomba ini berdampak positif pada proses mengajar mereka di masing-masing lembaga,” tutupnya.

 

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

 

 

 

 

 

Bagikan post melalui :