KWT Srikandi 10 yang merupakan warga binaan P2WKSS, panen kangkung dan bayam, di RW 10, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, belum lama ini. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Setelah warga Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter), kini giliran warga Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, menikmati hasil panen kangkung yang telah ditanam sejak awal Juni. Panen dilakukan di lokasi Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), RW 10, Kelurahan Cipayung, di atas lahan seluas 25 meter.

“Kali ini, kita memanen dua jenis sayuran yaitu kangkung dan bayam. Alhamdulillah, sudah panen belum lama ini dan dipastikan tanaman tersebut bebas dari pestisida,” ujar Penyuluh Pertanian Wilayah Kelurahan Cipayung, Cipayung Jaya dan Pondok Terong, Iqbal Kalbardi, di Cipayung, Senin (22/07/2019).

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan panen pertama kali, semenjak program P2WKSS digulirkan. Adapun hasil panen mencapai 20-25 kilogram dan dinikmati oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) di lokasi P2WKSS.

“Hasilnya dinikmati anggota KWT.  Mungkin nanti setelah penanaman kedua, hasil panen sebagian akan dinikmati sendiri, sebagian lagi untuk dijual,” tuturnya.

Senada dengan itu, Lurah Cipayung Herman mengaku, mendukung upaya kemandirian pangan masyarakat melalui kegiatan penanaman sayuran.  Bahkan, pihaknya berencana membuka lahan baru di sekitar Posyandu RT 3 RW 10, dengan luas kurang lebih 40 meter.

“Selain untuk memperluas lahan sayuran, rencana penanaman ini juga untuk menghijaukan lahan Posyandu. Jadi, kita maksimalkan lahan yang ada. Mudah-mudahan, warga kami semakin berdaya,” tutupnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :