SUKANDA

Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Depok, Sukanda

depok.go.id – Air merupakan kebutuhan yang vital bagi manusia. Banyak masyarakat mengonsumsi air yang berasal dari sumur. Dalam hal ini, agar air dapat dikonsumsi dengan baik maka harus memperhatikan beberapa tindakan saat membuat sumur tersebut.

“Agar air yang kita gunakan sehari-hari dapat terbebas dari bakteri maupun kandungan lainnya, saat pembuatan sumur harus memperhatikan komponen-komponen penting, sehingga air tetap dapat dikonsumsi dengan baik,” jelas Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Depok, Sukanda saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/8/2016).

Dirinya menambahkan, bahwa ada beberapa hal yang patut dilakukan saat akan membuat sumur. Salah satunya yaitu membuat sumur yang kedap air agar tidak mencemari lingkungan. Selain itu, juga berdasarkan Peraturan Kemenkes terkait jarak sumur dengan koya harus minimal 10 meter.

Lebih lanjut, jika saat ini sumur yang ada tidak memenuhi standar yang sudah ditetapkan maka harus rutin melakukan penyedotan minimal tiga tahun sekali.

“Air yang dihasilkan dari sumur yang tidak memenuhi standar memang rawan mengandung bakteri Escherichia coli (E-coli), namun hal ini dapat diantisipasi dengan mengolah air tersebut dengan baik. Pasalnya, bakteri akan hilang jika saat pengolahan di atas 40 derajat,” tutup Sukanda. (Indri/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)

Bagikan post melalui :