masak air

depok.go.id – Banyak masyarakat tidak menyadari air minum yang dikonsumsinya baik atau tidak. Pasalnya, tanpa disadari, air yang diminum tersebut mengandung bakteri E-coli yang dapat mengganggu kesehatan dalam tubuh.

Dalam hal ini, agar dapat terhindar dari kandungan tersebut masyarakat harus mengolah air yang dikonsumsi itu dengan benar. Sehingga bakteri dalam air dapat hilang.

“Air yang mengandung bakteri E-coli tetap boleh diminum, tetapi cara memasaknya harus benar agar bakteri tersebut dapat musnah,” tutur Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Depok, Sukanda saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/8/2016).

Adapun cara pengolahan air yang mengandung bakteri E-coli yaitu dengan suhu 100 derajat celcius. Selain itu, juga saat memasak menggunakan panci yang baik dan tidak mengandung bahan kimia seperti logam maupun alumunium.

Bakteri E-coli memang sudah ada di dalam tubuh, tepatnya di usus, namun ada jenis yang berbahaya bagi tubuh dan tidak terlalu berbahaya. Jika bakteri ini berada pada tubuh dalam jumlah banyak akan mengakibatkan diare hingga keluar darah dan yang paling parah bisa merusak ginjal.

“Lakukan pengolahan air dengan baik dan sesuai anjuran, sehingga jika air yang biasa kita konsumsi mengandung bakteri E-coli maka dapat terbebas dan dikonsumsi dengan aman,” tutup Suganda seraya berpesan. (Indri/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)

Bagikan post melalui :