Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna saat berkunjung ke SAP Indonesia di lantai 9, gedung WTC 2, Jakarta Selatan, Rabu (21/08). (Foto: Jose/Diskominfo).

depok.go.id-Guna mewujudkan Kota Depok sebagai Kota Cerdas (Smart City), Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melakukan kunjungan ke perusahaan Teknologi Informasi (TI) ternama, SAP Indonesia. Kunjungan ini guna memperoleh informasi dalam mendukung penerapan Smart City di Kota Depok.

Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, kunjungan ke SAP Indonesia bertujuan untuk menggali berbagai informasi dalam persiapan penerapan Smart City. Sebab, Kota Depok termasuk salah satu dari 100 kota percontohan Smart City di Indonesia.

“Kunjungan kita ke sini sebagai bagian dari penyusunan masterplan Smart City yang saat ini sedang kita kerjakan.  Di mana, langkah strategis di TI harus lebih simpel dan mudah dipahami. Termasuk juga dengan data dan hasil yang ingin dicapai,” tutur Pradi Supriatna kepada depok.go.id, usai berkunjung ke SAP Indonesia di gedung WTC 2, Jakarta Selatan, Rabu (21/08/2019).

Dikatakannya, dari hasil kunjungan ini, terdapat beberapa hal yang diperoleh dalam mendukung penerapan Smart City. Antara lain pengelolaan data, pelayanan kesehatan, pendidikan, hingga pengelolaan keuangan berbasis TI.

“Kita juga sempat melihat pemanfaatan TI untuk kemajuan di beberapa kota, sehingga bisa menjadi acuan kita supaya segera mempersiapkan sarana prasarana dan SDM dalam mengimplementasikan program Smart City nanti,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, penerapan Smart City terdiri dari enam komponen. Yaitu, smart branding, smart people, smart living, smart governance, smart economy, dan smart mobility.

“Intinya dalam penerapan Smart City  harus bisa mewujudkan pelayanan publik yang efektif dan efisien, serta memudahkan bagi masyarakat,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :