diabetes

Foto : Ilustrasi

depok.go.id – Diabetes melitus merupakan penyakit dengan kelainan di dalam metabolisme glukosa yang merupakan salah satu jenis gula monosakarida di dalam tubuh manusia. Penyakit yang biasa dikenal dengan penyakit kencing manis ini ditandai dengan kadar gula yang sangat tinggi pada urine penderita. Dalam hal ini, jika kadar gula dalam tubuh tinggi dan sudah dapat dikatakan menderita diabetes harus melakukan berbagai tindakan untuk menurunkan kadar tersebut, sehingga diabetes yang dialami tidak menimbulkan komplikasi berlanjut pada kesehatan tubuh.

“Jika sudah terkena penyakit diabetes sebaiknya melakukan penanggulangannya dengan menerapkan diet diabetes,” jelas Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Kota Depok, Agus Gojali saat memberikan pemaparan pada seminar beberapa waktu lalu. Cara menanggulangi diabetes dengan diet khusus ini, memang perlu mendapatkan perhatian lebih agar asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat termonitor dengan baik. Diet yang dapat dilakukan antara lain dengan membatasi sumber karbohidrat, mengonsumsi sumber protein hewani, protein nabati, sayuran, dan buah.

Adapun sumber protein hewani yang dapat dikonsumsi seperti ikan, ayam tanpa kulit, putih telur, dan daging tanpa lemak. Untuk protein nabati yaitu tahu, tempe, kacang ijo, kacang merah, kacang tanah, dan kacang kedelai. Selanjutnya, sayuran yang dapat dikonsumsi antara lain kangkung, daun kacang, oyong, ketimun, tomat, kembang kol, labu air, lobak, sawi, seledri, dan terong. Sedangkan, untuk buah-buahan jeruk, apel, pepaya, jambu air, serta belimbing.

“Banyak makanan yang dapat dikonsumsi para penderita diabetes yang sedang melakukan diet, yang terpenting jangan mengonsumsi makanan yang mengandung asupan garam terlalu tinggi,” tutup Agus. (Indri/Ed: Faizal Satrio – Diskominfo)

Bagikan post melalui :