simbol kanker payudara

Sumber : Google

depok.go.id – Kanker payudara merupakan penyebab kematian kedua paling umum pada kasus kanker yang diderita perempuan. Melihat hal tersebut, seluruh wanita diharuskan untuk mengetahui dan mengerti beberapa gejala yang timbul dari kanker payudara.

Pada dasarnya, kondisi awal dari kanker payudara ini tidak menimbulkan tanda atau gejala apa pun. Namun, kita dapat mencari tahu secara langsung dengan melakukan berbagai pemeriksaan baik dengan bantuan dokter atau diri sendiri.

“Penderita kanker payudara tidak akan merasakan gejala awal, tetapi jika merasakan sesuatu yang tidak seperti biasanya pada payudara sebaiknya memeriksakan ke dokter,” jelas Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Kota Depok, Agus Gojali saat memberikan pemaparan pada seminar beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Agus mengatakan, bahwa terdapat beberapa gejala dari kanker payudara yang dapat kita ketahui sendiri di antaranya seperti timbul benjolan, rasa sakit pada ketiak dan payudara yang tidak terkait dengan siklus mens, kulit payudara kasar seperti kulit jeruk, kemerahan di sekitar atau salah satu putting

Selain itu, gejala yang timbul dari kanker ini yaitu berupa benjolan disalah satu ketiak, puting berubah bentuk, bentuk dan ukuran payudara berubah, dan keluar cairan dari payudara yang berupa darah.

Dalam hal ini, kita dapat melakukan pemeriksaan payudara sendiri untuk mendeteksi adanya kanker payudara. Pemeriksaan tersebut dilakukan dengan menggunakan jari-jari tangan, dilakukan sambil berdiri. Jika dirasakan ada benjolan, sebaiknya cepat melakukan konsultasi ke dokter.

“Wanita harus rutin melakukan pemeriksaan payudaranya sendiri sebagai deteksi dini kanker payudara,” tutup Agus seraya berpesan. (Indri/Ed: Faizal Satrio – Diskominfo)

Bagikan post melalui :