perawatan bayi kembar

Dokter Spesialis Anak RSUD Depok, Indra Januwartri tengah memeriksa bayi kembar tiga. (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id – Bayi kembar tiga anak pasangan Feri Felani (32) dan Euis Diana (21) yang berhasil dibantu persalinannya oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok saat ini tengah dirawat oleh Dokter Spesialis Anak (DSA). Namun, karena terlahir dengan Berat Badan (BB) 1900 gram, 1800 gram, dan 1900 gram, pihak rumah sakit akan menerapkan  Perawatan Metode Kanguru (PMK) agar berat badan ketiganya naik signifikan.

DSA RSUD Depok, Indra Januwartri mengungkapkan, bayi kembar tiga ini bisa diberikan perawatan PMK secara bergantian. Melalui metode ini bayi digendong menggunakan kain dengan skin to skin contact antara kulit bayi dengan kulit yang menggendong.

“Metode ini salah satu upaya dalam rangka menambah BB bayi,” ujarnya usai memeriksa bayi kembar tiga itu, Jumat (22/12/2017).

Dikatakannya kondisi bayi kembar tiga ini cukup baik, dengan refleks isap yang bagus, namun memang belum bisa pulang. Dari ketiga bayi itu, satu bayi masih dengan gula darah yang rendah, satu lagi ketika dilahirkan terlihat sesak, serta satu bayi lagi tidak ada keluhan yang berarti.

“Biasanya kalau di sini 3 hari sudah boleh pulang, mudah-mudahan kembar tiga ini bisa berangsur pulih. Kalau tidak ada masalah lagi sudah bisa dibawa pulang,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :