bayi kembar 3

Bayi kembar 3 yang berhasil ditangani tim RSUD Depok. (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id- Suara tangisan bayi yang baru lahir tiba-tiba memecah kesunyian ruang perawatan bayi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok tepat pukul 10.00, Kamis (21/12/17). Kesunyian yang berubah jadi suasana ceria itu makin terasa karena bayi yang baru dilahirkan bukan hanya satu, tapi sekaligus kembar tiga.

Lahirnya bayi kembar tiga anak dari pasangan Fery Felani (32) dan Euis Diana (21) tersebut, masing-masing hanya berjarak satu menit. Ketiga bayi ini berhasil lahir ke dunia dengan proses persalinan sang ibu yang dibantu dokter spesialis obsgyn dan gynaekologi RSUD Depok, Bagus Tri Rahardjo. Namun, karena kondisinya yang masih lemah, bayi tersebut kini masih berada di dalam inkubator

Bagus mengaku, sebagai dokter dirinya perdana membantu melahirkan bayi kembar tiga di RSUD Depok. Kelahiran yang umumnya dibantu dirinya, biasanya hanya satu bayi atau maksimal 2 bayi.

“Ini pertama kali RSUD Depok menangani lahiran kembar 3. Alhamdulillah, proses operasi caesar berjalan lancar, bayinya juga langsung menangis kencang begitu keluar dari rahim ibunda,” ujar Bagus, saat dijumpai di ruang praktiknya, Jumat (22/12/2017).

Dikatakan Bagus, awal memeriksakan kandungan sang bunda sudah masuk usia kandungan 32 pekan dan baru diketahui ternyata memiliki 3 bayi di dalam rahim. Selang dua pekan kemudian sang ibu mengeluh mulas, setelah diperiksa ternyata sudah masuk pembukaan 7.

“Karena usia kandungannya baru 34 pekan, bayinya kami berikan pematangan paru. Baru setelah itu, kami lakukan caesar. Bayi pertama perempuan lahir dengan berat 1800 gram, kedua perempuan juga dengan berat 1900 gram, dan yang ketiga bayi laki-laki dengan berat 1800 gram,” katanya.

Dirinya menjelaskan, setelah dilakukan operasi caesar pun keadaan ibu kembar tiga tersebut dalam keadaan baik. Namun, pihaknya tetap memberikan obat-obatan agar tidak terjadi pendarahan setelah melahirkan.

“Saat ini ibu dan bayi sudah di ruang perawatan, dan ditangani oleh petugas dan dokter RSUD Depok. Semoga semuanya berangsur pulih dan bisa segera pulang ke rumah,” harapnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :