Lurah Pasir Putih Ahmad Rivai. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Warga Pasir Putih diajak gencar melakukan aksi bersih membersihkan lingkungan. Langkah tersebut sebagai upaya pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di musim penghujan.

“Kewaspadaan kita terhadap DBD harus lebih ditingkatkan khususnya di wilayah Kelurahan Pasir Putih,” ujar Lurah Pasir Putih Ahmad Rivai kepada depok.go.id, Rabu (23/01/19).

Lebih lanjut, ucap Rivai, sapaannya, warga diminta tidak malas membersihkan rumahnya. Karena dengan membersihkan rumah menjadi salah satu upaya Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) aides agepty.

“Kebersihan di rumah dilakukan dengan cara memeriksa talang air, membersihkan bak kamar mandi, membuang genangan air di belakang. Kemudian juga membersihkan kulkas secara rutin, membersikan pembuangan saluran air agar tidak menggenang, dan menaburkan bubuk abate ke dalam penampungan air,” tuturnya.

Dirinya juga mengimbau Ketua RW dan RT untuk lebih meningkatkan aktivitas kerja bakti di lingkungannya. Terutama di lahan yang masih kosong dan rumah tidak berpenghuni.

“Lakukan kerja bakti secara rutin di tingkat RT-RW dengan membersihkan genangan air yang ada di pot jalan lingkungan, membersihkan saluran air, serta memotong sebagian ranting pohon yang menjuntai di lahan kosong dan rumah tidak berpenghuni,” jelasnya.

Dengan upaya tersebut, Rivai berharap dapat memutus mata rantai perkembangan nyamuk DBD. Sebab, tidak ada air yang menggenang saat hujan.

“Semoga dengan rutin melakukan bersih-bersih lingkungan, warga dapat terhindar dari penyakit DBD,” tutupnya.

Penulis : B.Indra
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo

Bagikan post melalui :