Puji Astuti, Pelaku UMKM Depok tengah menunjukkan salah satu produknya, Coklat Tempe Khas Depok. (Pipin/Diskominfo)

Berbagai pelatihan kewirausahaan yang diinisiasi Dinas Koperasi dan Usaha Menengah (DKUM) Kota Depok selama ini, memiliki dampak positif terhadap perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan di Kota Depok. Berkah peningkatan omzet itu, dirasakan Puji Astuti (46 tahun), pengusaha cokelat tempe khas Depok yang namanya makin dikenal masyarakat.

Puji Astuti mengatakan, sebelumnya dia hanya ibu rumah tangga biasa yang mencoba menambah penghasilan dari berjualan olahan tempe, seperti nastar tempe dan putri salju tempe. Namun, setelah mengikuti berbagai pelatihan yang digelar DKUM Depok pada tahun 2018, dirinya mengakui semakin serius menjalankan bisnis karena dapat meningkatkan omzet usahanya.

“Saya merintis usaha olahan tempe pada tahun 2016. Kemudian tahun 2017, saya ikut asosiasi UMKM. Dari sana, saya mendaftar pelatihan kewirausahaan yang diadakan DKUM. Mulai dari pelatihan membangun brand, marketing online, kemasan, hingga manajemen keuangan,” ujar Puji Astuti kepada depok.go.id, Rabu (23/01/2019).

Puji yang juga warga Cimanggis menambahkan, berbekal ilmu dari pelatihan tersebut, dirinya semakin serius untuk menjalankan usahanya melalui brand, Dapur Bu Jiran. Salah satu inovasi yang saat ini dikembangkan adalah cokelat tempe khas Kota Depok sejak tiga bulan lalu.

“Dalam sebulan omzetnya bisa mencapai Rp 6 juta, keuntungan bersih sekitar Rp 3 juta. Itu dari hasil penjualan semua jenis olahan tempe. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribu,” katanya.

Salah satu faktor yang membuat omzetnya naik adalah ilmu tentang memasarkan produk melalui media daring atau online. Konsumennya, kata Puji, bukan hanya dari Depok, bahkan hingga luar Pulau Jawa seperti Kalimantan.

“Tahun ini, saya mempunyai target lebih. Berbagai inovasi saya coba terapkan. Salah satunya cokelat tempe berwarna pink, mudah-mudahan bisa menarik minat para remaja,” ucapnya.

Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih

Bagikan post melalui :