Suasana Rakor Dinsos Depok di Gedung Dibaleka II lantai 1 pada Rabu (23/01/2019). (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok menggelar rapat koordinasi serta evaluasi kepada puluhan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Depok. Dalam rakor tersebut, juga dibahas terkait kenaikan dana PKH di tahun 2019.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Depok, Devi Mayori mengatakan, rakor kali ini bertujuan untuk menguatkan kembali terkait kegiatan PKH di tahun 2019. Menurutnya, para pendamping PKH juga harus terus meningkatkan kinerjanya dalam memberdayakan masyarakat.

“Pendamping PKH harus diberikan penguatan untuk melakukan pengawalan, pendampingan serta pengawasan. Terlebih, ada peningkatan dana PKH dari pemerintah pusat,” ujarnya di Gedung Dibaleka II, Rabu (23/01/2019).

Devi menjelaskan, dana PKH meningkat signifikan pada tahun ini. Dana yang awalnya diberikan sebesar Rp 1,9 juta per PKH, kini menjadi Rp 6 juta yang diberikan per komponen baik lansia, ibu hamil dan anak sekolah.

“Dana PKH tetap diberikan 4 kali dalam setahun. Dana tersebut harus menjadi stimulus bagi para PKH dan para pendamping yang harus mengawalnya, agar penggunaan uang tersebut lebih efektif dari sisi manajemen keuangannya,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, koordinasi dilakukan sebagai sarana berbenah diri agar bantuan sosial tidak salah sasaran, karena berdasarkan data jumlah PKH yang harus dijangkau ada 21 ribu. “Selain bantuan uang, para PKH juga mendapatkan bantuan beras dan asuransi kesehatan,” pungkasnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :