Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Depok Habib Muhsin Alatas (Foto: Fajar/Diskominfo

depok.go.id- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Depok optimis imbauan Wali Kota terkait Salat Zuhur dan Asar berjamaah mampu meningkatkan nilai spiritual bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Ketua FKUB Kota Depok, Habib Muhsin Alatas menilai ASN dengan spiritualitas yang tinggi memiliki kinerja yang jujur.
“ASN yang jujur merasa dirinya selalu diperhatikan Allah SWT. Sehingga ada rasa takut untuk melanggar hukum. Kerjanya pun akan disiplin dan penuh tanggung jawab. Ini dimulai dari salat berjamaah di Masjid Balai Kota,” ujarnya kepada depok.go.id, Kamis (23/02/2017).
Muhsin menuturkan, salat berjamaah juga berperan sebagai wadah silaturahmi antar ASN. Sehingga mampu meningkatkan rasa solidaritas antar sesama. “Silaturahmi antar ASN pun akan terbina. Sehingga kerjasama akan semakin profesional,” ujarnya.
Lanjutnya, untuk mewujudkan Depok sebagai kota yang religius, masyarakatnya juga harus religius. Sehingga bagi penganut non muslim juga perlu mendapatkan imbauan agar taat beribadah.
“Depok punya visi menjadi Kota Religius, maka harus dimulai dari masyarakatnya. Penganut agama lain juga perlu mendapatkan imbauan taat beribadah. Sehingga masing-masing penganut agama saling berperan membangun Depok sebagai Kota Religius,” terangnya.
Terakhir, dia berharap agar para ASN menggiatkan salat berjamaah dengan suka hati disertai kesadaran pribadi. Pemkot Depok perlu mengadakan suatu survey untuk melihat perbedaan kinerja para ASN sebelum diberi imbauan salat fardu berjamaah dengan sesudah diberi inbauan tersebut.
“Pemkot perlu membuat survey untuk melihat seberapa besar perbedaan kinerja ASN setelah mendapatkan imbauan. Kalau hasilnya kinerjanya meningkat, nanti baik ASN maupun masyarakat akan semangat menghidupkan masjid dengan ibadah,” tutupnya.
Penulis: Fajar Nur Cahyo
Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita
Diskominfo
Bagikan post melalui :