bu nurjanah paling kanan

Ketua PKK Kecamatan Bojongsari, Nurjanah (paling kanan) berfoto bersama Wali Kota Mohammad Idris dan Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida. (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id –  Kiprah kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Bojongsari makin eksis di masyarakat. Tak heran, berkat perannya yang makin strategis, membuatnya terpilih mewakili PKK Provinsi Jawa Barat untuk dinilai Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) TP PKK pusat pada Maret 2017.

Ketua PKK Kecamatan Bojongsari, Nurjanah mengaku, pihaknya siap dalam pelaksanaan Monev tahun ini. Karena itu, berbagai hal yang menyangkut pembinaan dan evaluasi yang dilakukan oleh masing-masing Kelompok Kerja (Pokja) sudah siap diberikan penilaian.

“Pada prinsipnya kami TP PKK Bojongsari sudah siap menerima tim Monev PKK Pusat untuk melakukan evaluasi kegiatan di Kecamatan Bojongsari,” kata Nurjanah yang ditemui usai pelaksanaan Rapat Konsultasi (Rakon) PKK Kota Depok di aula lantai 1 Gedung Balaikota Depok, Kamis (23/02/2017).

Lebih lanjut, istri Camat Bojongsari ini mengatakan, beberapa program seperti sosialisasi tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), trafficking, juga sudah dilaksanakan untuk warga sekitar Bojongsari  bekerjasama dengan instansi terkait. Selebihnya, Nurjanah mengungkapkan, berbagai program yang dijalankan oleh PKK Kecamatan Bojongsari juga untuk mendukung program pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Tentunya PKK Kecamatan Bojongsari juga harus bersinergi dengan program yang digulirkan oleh Pemkot Depok dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Pihaknya juga memiliki keunggulan yang patut dibanggakan yaitu, adanya kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang ada di Kecamatan Bojongsari yang saat ini sudah memiliki modal usaha hingga Rp 360 juta. Mereka terbagi dalam 35 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dengan jenis usaha anggota beragam. Kelebihan itu, belum termasuk dengan keberadaan Satgas PKDRT di tiap kelurahan.

“Dalam KUBE ini mereka sudah sangat mandiri dalam pemberdayaan masyarakat guna menanggulangi kemiskinan. Kita merintis usaha dan mengembangkan usaha disertai dengan peningkatan keterampilan anggota,” jelasnya.

Ia mengaku semangat anggota serta kader PKK di wilayahnya sangat tinggi dalam menyukseskan berbagai program yang telah direncanakan. Sejumlah program yang dicanangkan juga dapat berjalan dengan baik. Bahkan, beberapa di antaranya berhasil meraih juara dalam lomba-lomba PKK tingkat Kota Depok.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :