siaga banjir

SIAGA BANJIR: Personil Koramil 05/Sawangan bersama elemen masyarakat siap antisipasi banjir di Kota Depok. (Foto: Istimewa)

depok.go.id- Koramil 05/Sawangan kodim 0508/Depok siap melakukan antisipasi bencana banjir di Depok, khususnya Kecamatan Sawangan. Danramil 05/Sawangan, Kapten Inf. Ibrahim mengatakan Koramil 05/Sawangan siap menerjunkan 30 personil serta ban pelampung untuk antisipasi bencana banjir.

“Jadi setiap hujan lebat, babinsa Koramil sudah siaga di beberapa titik rawan banjir, seperti Kelurahan Sawangan Baru dan Pasir Putih. Apabila Babinsa kelurahan berhalangan, maka kita masih punya 30 personil lainnya di kantor,” ujarnya kepada depok.go.id, Kamis (23/02/2017).

Ibrahim menuturkan, dalam melakukan penanganan bencana, pihaknya juga dibantu oleh Binmas Polsek Sawangan, Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojongsari-Sawangan, serta masyarakat yang berperan aktif dalam mengantisipasi mencegah bencana banjir di Kecamatan Sawangan.

“Kami mencegah potensi banjir lewat kegiatan kerjabakti bersama-sama. Rencananya kita akan membersihkan kali di Duren Mekar sambil menanam Pohon Trembesi, karena akarnya mampu menyerap air sangat banyak,” tuturnya.

Sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2012 tentang Pembinaan dan Pengawasan Ketertiban Umum, Ibrahim pun mengajak masyarakat, agar tidak buang sampah sembarangan. Selain itu, dia berharap agar tiap kecamatan di Depok memiliki perahu karet. Selain juga, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Bimasda) Kota Depok diminta gencar mengadakan kerjabakti membersihkan kali dari sampah.

“Masyarakat Depok wajib ikuti perda dilarang buang sampah sembarangan. Lalu tiap kecamatan setidaknya punya satu perahu karet untuk jaga-jaga. Saya juga ingin Bimasda mengadakan kerja bakti di Kecamatan Sawangan untuk mencegah banjir. Nanti kita sinergikan dengan peran masyarakat juga,” tutupnya.

 

Penulis: Fajar Nur Cahyo

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

 

 

Bagikan post melalui :