AJAK WARGA: Danramil 05/Sawangan Kodim 0508 Depok Kapten Inf. Ibrahim mengajak warga Depok memilah sampah jadi produk berkualitas. (Foto: Fajar/Diskominfo)

depok.go.id – Koramil 05/Sawangan Kodim 0508/Depok mengajak warga Depok terus melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik. Danramil 05/Sawangan Kodim 0508/Depok, Kapten Inf. Ibrahim mengatakan dengan kegiatan pemilahan sampah dapat meningkatkan nilai sampah tersebut.
“Sampah organik bisa diolah menjadi pupuk yang bagus untuk tanaman. Sedangkan sampah anorganik bisa dibuat menjadi kerajinantangan. Kalau sampah organik dan anorganik bercampur, justru tidak bisa jadi pupuk maupun kerajinan,” ujarnya kepada depok.go.id, Kamis (23/02/2017).
Ibrahim menuturkan, setiap personil Koramil 05/Sawangan mempelajari cara membuat pupuk cair organik dari kelompok petani Kelurahan Bedahan. Sedangkan pengolahan sampah anorganik digiatkan oleh ibu-ibu Persatuan Istri Prajurit (Persit) Koramil 05/Sawangan Kodim 0508/Depok. Melalui berbagai kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.
“Pupuk organik cair yang kami pelajari terbuat dari usus sapi, lalu usus ayam, kemudian nanas, terakhir didiamkan dengan ragi dan campuran bahan lainnya. Pupuk tersebut akan jadi empat hari. Modal awal pembuatan pupuk itu hanya Rp 4500, tetapi bisa terjual dengan harga Rp 15 ribu. Lalu, untuk sampah dari botol bekas bisa jadi celengan sapi. Kalau kantong kresek nanti disulap jadi vas bunga,” jelasnya.
Terakhir, Ibrahim berharap agar warga Depok lebih peduli dalam memilah sampah. Karena sampah memiliki nilai jual tersendiri jika diolah secara benar dan tepat. “Sampah sebenarnya bukan masalah, tapi bisa jadi sumber uang,”pungkasnya.
Sebelumnya, Wali Kota Depok Mohammad Idris menghimbau kepada warga untuk mendukung program Zero Waste City atau Kota Bebas Sampah. Caranya dengan menggiatkan pemilahan sampah mulai dari rumah sendiri.
Penulis: Fajar Nur Cahyo
Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita
Diskominfo
Bagikan post melalui :