Forum Renja Perangkat Daerah Diskominfo Kota Depok8

Tim Smart City Kota Depok, Indra Gilang Wibawa (tengah). (Foto : Diskominfo)

depok.go.id- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan menerapkan empat pilar dalam implementasi Depok Kota Cerdas. Empat pilar tersebut antara lain Big Data, Depok Single Window, Single Contact dan Duta Informasi Depok.

“Keempat pilar tersebut merupakan bentuk dari penerapan Depok Kota Cerdas, yang semuanya berfungsi untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Tim Smart City  Kota Depok, Indra Gilang Wibawa kepada depok.go.id, belum lama ini.

Lebih lanjut, ucapnya, Big Data merupakan suatu program data warehouse yang terintegrasi dengan semua Perangkat Daerah di Pemkot Depok. Sedangkan Depok Single Window adalah aplikasi untuk memudahkan layanan yang berisi berbagai informasi dengan menggunakan smartphone.

“Kedua pilar ini nantinya akan menciptakan pelayan yang lebih baik, kultur kerja yang baik bagi pemerintah. Kemudian untuk Big Data ini agar nantinya tersedia pusat koleksi informasi dan database Kota Depok untuk kebutuhan pengolahan data antar sektor atau Perangkat Daerah,” jelasnya.

Menurutnya, lewat pilar-pilar ini tentu masyarakat mendapatkan manfaat yaitu layanan lebih mudah, murah, cepat terpusat, komunikasi dengan petugas berkurang, sehingga ke depan SDM pelayanan bisa lebih sedikit.

Dirinya menambahkan, untuk Single Contact tujuannya adalah melayani lebih baik dengan dukungan informasi yang lengkap dalam satu layar, program tersebut yang gunakan humas pemerintah dalam melayani masyarakat. Sama halnya dengan Duta Informasi Depok. Nantinya para duta tersebut yang akan memperkenalkan program-program Kota Cerdas milik Pemkot Depok. Duta tersebut bisa dari unsur pemerintah atau masyarakat.

“Kami yakin Depok akan siap menjadi Kota Cerdas begitu pula dengan masyarakatnya. Karena empat pilar tersebut akan memudahkan pekerjaan baik pemerintah dan masyarakat,” tutupnya.

Penulis : Janet Swastika

Editor: Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :