Pemilik UKM Ayu Snack

Pemilik UKM Ayu Snack, Sutiyah saat menunjukkan produknya, Jumat (23/02/18). (Foto: Jose/Diskominfo)

depok.go.id- Tepung merupakan salah satu bahan dasar wajib jika membuat kue atau jajanan pasar yang biasanya memiliki rasa manis. Ada berbagai macam tepung seperti tepung jagung, tepung terigu, tepung gandum, hingga salah satu jenis tepung yang saat ini menjadi bahan kue paling dicari di pasaran yaitu tepung mocaf.

Ditangan Sutiyah (50), warga Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas (Panmas) tepung mocaf dapat diolah menjadi berbagai camilan sehat. Mulai dari keripik combro, onde-onde ketawa, telur gabus, dan kripik pisang.

“Awal mulanya saya membuat camilan dari tepung mocaf ini karena anak saya berkebutuhan khusus, sehingga tidak boleh makan camilan yang berbahan tepung terigu. Tepung mocaf ini aman dikonsumsi oleh anak berkebutuhan khusus karena tidak mengandung gluten yaitu jenis protein yang dihindari oleh penderita diabetes, autis dan celiac disease (penyakit intoleransi terhadap gluten),” tuturnya kepada depok.go.id, Jumat (23/02/18).

Pemilik UKM Ayu Snack ini mengatakan, anak berkebutuhan khusus, tubuhnya tidak bisa menghasilkan enzim pencerna gluten. Akibatnya protein ini akan menjadi komponen yang bersifat toksik/racun dan mengganggu fungsi otak, sistem imunitas serta menimbulkan gangguan perilaku. Jadi, menurutnya, mocaf adalah pilihan yang baik untuk makanan bebas gluten bagi penderita penyakit tersebut.

“Alhamdulillah, selain membuat camilan sehat untuk anak juga bisa menambah pemasukan untuk kebutuhan rumah. Dalam sebulan omset yang peroleh terus meningkat yaitu Rp 4 hingga Rp 5 juta,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, kini produk-produknya sudah dipasarkan hampir di setiap gerai yang disediakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Selain itu, dirinya juga menjalin mitra dengan beberapa restoran untuk memasarkan produk buatannya.

“Bagi masyarakat yang ingin mencoba atau membeli produk-produk saya dapat berkunjung ke Gerai UMKM Center di lantai 1 ITC Depok. Di sana juga terdapat berbagai macam produk UKM asal Depok,” pungkasnya.

Penulis : Jose Marques

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :