Siswa SMAN 08 Kota Depok tengah menyimak materi PRB dari BTB Baznas Depok. (istimewa)

depok.go.id-Baznas Tanggap Bencana (BTB) Kota Depok kembali memberikan edukasi Pengurangan Risiko Bencana (PRB) ke sekolah. Kali ini, sosialisasi tanggap bencana tersebut, dilaksanakan di SMA Negeri 08, Cilodong, Kota Depok.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan, Eka Mustika mengatakan, kerja sama dengan BTB, untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019. Selain sosialisasi PRB, pihaknya juga mengadakan lomba penanaman bibit dan donor darah.

“Sebagai satuan pendidikan yang mengusung visi, berbudaya lingkungan, membuat kami aktif memperingati hari lingkungan dengan beragam kegiatan positif,” katanya, kepada depok.go.id, kemarin.

Untuk Sosialisasi PRB sendiri, imbuhnya, bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar, terkait tindakan apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana. Karena itu, dirinya menilai sosialisasi sekaligus simulasi bencana merupakan kegiatan yang sangat penting, guna melihat kesiapan anak didiknya dalam menghadapi bencana.

Sementara itu, dalam paparannya, Wakil Komandan BTB Kota Depok, Taufik Ibrahim mengatakan, bencana adalah sesuatu kejadian yang mengancam kehidupan dan penghidupan masyarakat. Dikatakannya, bencana bisa disebabkan oleh dua faktor yaitu, alam dan non-alam.

Persiapan dalam menghadapi bencana, kata Taufik, di antaranya mengenali keamanan lingkungan sekitar. Selanjutnya, mempersiapkan tas siaga yang berisi surat-surat penting dan bahan makanan minimal untuk dua hari ke depan.

“Sebaiknya juga, kita mencatat nomor-nomor penting seperti kantor kepolisian, TNI, Damkar, PMI, dan rumah sakit terdekat.” ucapnya.

Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih

 

Diskominfo

Bagikan post melalui :