PKK Kecamatan Cimanggis Sabet Juara 1 dalam Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Kota Depok, di Aula Lantai 1, Balai Kota Depok, Senin (23/04/18). (Foto: Asryil/Diskominfo).

depok.go.id-Berkat kerja keras, kreativitas serta inovasi, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Cimanggis berhasil menyabet juara I dalam Lomba Cipta Menu (LCM) Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kota Depok. Prestasi ini diraih, setelah Cimanggis mengalahkan Kecamatan Bojongsari untuk juara II dan Kecamatan Limo juara III.

“Alhamdulillah, terpilinya kami sebagai juara I dalam LCM B2SA ini, tidak lepas dari usaha kami yang terus mencoba dan menciptakan berbagai menu olahan berbasis sumber daya lokal. Gagal, kita coba lagi, begitu seterusnya sampai bisa menciptakan menu yang sesuai dengan kebutuhan kalori tubuh sehari-hari,” ujar Ketua Pokja III PKK Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Nunik Anita Sari, di aula lantai 1, Balai Kota Depok, Senin (23/04/18).

Dalam lomba ini, Kecamatan Cimanggis menciptakan beberapa menu yang membuat para juri memberikan penilaian cukup besar di antaranya, untuk menu pagi yaitu jus stroberi, jus stroberi susu sapi, dan sorgum wijen gulung tuna sayur. Sedangkan untuk menu siang yaitu bola daging, acar mawar serta sorgum kebuli dan untuk makan malam yaitu ifumie seafood dan jus sirsak naga.

“Kota Depok terkenal dengan diversifikasi pangan, untuk itu kita menggunakan tepung garut dan tepung sorgum sebagai bahan dasar pembuatan penganan B2SA. Inovasi inilah yang mungkin menjadi penilaian juri,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Depok, Elly Farida mengatakan, melalui kegiatan LCM B2SA yang rutin dilaksanakan setiap tahun, dapat memberikan penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya pemenuhan gizi, melalui penganan yang dikonsumsi setiap harinya.

“Kegiatan ini juga merupakan bentuk sosialisasi dan edukasi agar PKK, khususnya Pokja III ini dapat menerapkan pola B2SA di keluarga. Bahkan, besar harapan bisa juga disosialisasikan ke masyarakat. Selamat kepada para pemenang, semoga bisa terus menginspirasi,” pungkas wanita yang juga juri LCM B2SA tersebut.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih dan Rita Nurlita
Diskominfo

Bagikan post melalui :