depok.go.id – Dokter gigi di Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Tugu, Nunung Baitaningsih menciptakan aplikasi Kata Sigotik yaitu rekam data kesehatan gigi elektronik. Aplikasi tersebut bertujuan untuk mempermudah para dokter gigi dalam melakukan rekam data untuk melihat indeks kesehatan gigi dan mulut.

“Terobosan itu saya buat agar lebih  mudah dalam melakukan input hasil pemeriksaan gigi di lapangan. Aplikasi ini bisa dilakukan dengan menggunakan mobile phone atau perangkat komputer,” tuturnya kepada depok.go.id, belum lama ini.

Dikatakan Nunung, sapaannya, metode yang digunakan pada aplikasi tersebut yaitu Decay Missing Filled Teeth (DMF-T). Metode ini sesuai dengan World Health Organization (WHO).

Dalam hal ini, sambungnya, aplikasi tersebut telah digunakan Nunung di beberapa sekolah di Kelurahan Tugu. Setelah memeriksa kesehatan gigi, rekam data diinput melalui laman bit.do/formdatagigi

“Hal ini telah dilakukan sejak awal tahun di beberapa sekolah. Ke depan penggunaan aplikasi akan dapat merekap data pemeriksaan kesehatan gigi di Puskesmas Tugu,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :