Para pelajar SMPN 3 Kota Depok mengikuti ujian PAT hari ketiga dengan serius. (Pipin/Diskominfo)

depok.go.id – Pelaksanaan hari ketiga Penilaian Akhir Tahun (PAT) 2017/2018 di SMP Negeri 3 Kota Depok berjalan lancar. Sekitar 720 pelajar dari kelas XII dan XIII yang terbagi ke dalam 18 ruangan hari ini serempak mengerjakan ujian mata pelajaran Bahasa Inggris dan Seni Budaya.

“Dari awal pelaksanaan PAT hingga hari ini, tidak ada kendala. Anak-anak juga dalam mengerjakan soalnya cukup tenang,” kata Ketua Penyelenggara PAT, Iip Saripah kepada depok.go.id, Rabu (23/05/2018).

Iip menambahkan, dalam pelaksanaan PAT ini pihaknya  sudah menggunakan Kurikulum 2013 (Kurtilas). Bahkan, diakuinya, SMP Negeri 3 Kota Depok merupakan sekolah percontohan pertama di Kota Depok yang menggunakan kurikulum tersebut.

“Dampaknya terlihat sekali. Dengan Kurtilas, proses pembelajaran lebih dialogis karena guru tidak menjelaskan secara satu arah. Begitu pun dengan soal-soal yang dibuat, sesuai silabus. Bobot kesulitan soalnya juga lebih merata,” katanya.

Dikatakannya, ujian tertulis itu akan dilaksanakan hingga 26 Mei mendatang.  Setelah mengikuti serangkaian kegiatan Ramadan, pihak sekolah akan membagikan rapor pada 6 Juni 2018.

“Ujian PAT ini bobotnya sekitar 25 persen dari syarat kenaikan kelas. Lainnya, 25 persen dari UTS, dan 50 persen dari nilai harian,” tutupnya.

 

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

Bagikan post melalui :