Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok mengadakan sosialisasi Rupabumi di Kecamatan Cinere. Kegiatan yang diikuti 40 orang ini, bertujuan menambah wawasan para pelaksana kebijakan di tingkat kelurahan terkait rencana pembangunan di masing-masing wilayah.
Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna menjelaskan, sosialisasi Rupabumi merupakan pengayaan kepada pegawai pemerintahan terkait latar belakang penamaan suatu daerah, khususnya jalan raya. Selain itu, katanya, digelarnya sosialisasi ini merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 39 Tahun 2008, tentang Pembakuan Nama Rupabumi.
“Rupabumi ini menyangkut wawasan, letak geografis, dan kebijakan pembangunan. Sosialisasi ini diharapkan memberikan gambaran yang umum terkait daerah tersebut, sehingga saat membuat kebijakan bisa selaras dengan kultur dan kebudayaan setempat,” katanya, di Kantor Kecamatan Cinere, Senin (23/07/2018).
Menurut Pradi, sosialisasi Rupabumi sangat penting untuk diikuti pegawai pemerintahan. Pasalnya, setiap kebijakan pembangunan harus selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD). Utamanya, visi Kota Depok yaitu unggul, nyaman, dan religius.
Dirinya berharap, sosialisasi Rupabumi bisa dilanjutkan ke-10 kecamatan lainnya. Dengan demikian, masing-masing camat dan lurah, mengerti arah kebijakan pembangunan di tingkat kota.
“Semoga, dengan sosialisasi ini, sinergisitas sesama Perangkat Daerah bisa lebih baik lagi,” tutupnya.
Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih
Bagikan post melalui :