IMG-20150923-WA0028

depok.go.id – Bertempat di SMK Nasional – Limo, Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok menyelenggarakan kegiatan penyuluhan kesadaran hukum bagi pelajar. Kepala Unit Kriminal Khusus Polresta Depok, Bambang Purwanto serta Staf Bidang Informasi Publik Diskominfo Kota Depok, Rita Nurlita turut hadir sebagai pembicara dalam kegiatan yang bertemakan “Internet Sehat” ini.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Bagian Hukum Setda Kota Depok ini dijelaskan mengenai tips dan trik menggunakan internet secara sehat dan bermanfaat. “Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan. Berdasarkan data dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), dari 220 juta penduduk Indonesia, ada 107 orang yang menggunakan internet, dan sebagaian besar menggunakan media sosial. Tren ini akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang,” ujar Rita.

Selain disampaikan tentang cara berinternet secara sehat, pada acara tersebut juga dijelaskan mengenai konsekuensi hukum terkait penggunaan internet seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008. Dalam hal ini, Bambang berpesan supaya para pelajar bisa menggunakan internet secara bijak.

“Gunakan kata-kata yang sopan, hati-hati dengan pornografi, dan transaksi elektronik yang bisa berdampak pada penipuan,” ujar Bambang.

Menanggapi hal tersebut, Dina Ratna Kartika yang merupakan Kasubag Advokasi Bagian Hukum Setda Kota Depok menjelaskan bahwa kegiatan penyuluhan hukum bagi pelajar ini diselenggarakan secara rutin oleh Pemkot Depok sebagai upaya preventif bagi kaum muda untuk bijak memanfaatkan media sosial dan memahami konsekuensi hukum supaya lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Dina juga berharap, pelajar di Kota Depok bisa menggunakan internet untuk hal-hal positif. (Rita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :