gerakan makan telurdepok.go.id – Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Depok kembali mengadakan kegiatan Gerakan Intensif Minum Susu dan Makan Telur (Gerimis Telur) di Kecamatan Limo. Gerimis Telur ini merupakan pencanangan perdana dari roadshow yang akan diadakan Distankan pada 11 kecamatan se-Kota Depok dimulai dari tanggal 22 Oktober 2015 hingga 29 Oktober 2015.

Kepala Bidang Peternakan Distankan Kota Depok, Tinte Rosmiati, mengatakan bahwa gerakan ini dirasa sangat penting untuk dilaksanakan, mengingat jumlah penduduk Kota Depok saat ini lebih kurang 1,9 juta jiwa, dan 34% di antaranya adalah anak-anak. Guna menyiapkan dan membentuk generasi yang unggul dan berkualitas, maka seorang anak membutuhkan asupan gizi yang baik, dengan memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya anak-anak agar membiasakan diri mengkonsumsi makanan yang bergizi, berimbang, dan beragam (3B).

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para siswa agar dapat memahami dan membiasakan diri mengkonsumsi makanan 3B, yaitu makanan yang bergizi, berimbang, beragam,  aman, berkualitas berbahan baku lokal serta meningkatkan gizi masyarakat dan anak sekolah,” ujar Tinte.

Kecamatan Limo sendiri tidak kurang dari 220 siswa yang berasal dari beberapa sekolah dasar (SD) di Kecamatan Limo mengikuti Gerimis Telur ini. Adapun untuk 10 kecamatan lain yang belum didatangi, Distankan tetap memberikan kuota sebanyak 220 siswa dengan pengaturan sekolah mana saja yang bisa ikut Gerimis Telur akan diatur oleh masing-masing UPT Pendidikan.

“Mudah-mudahan semua berjalan lancar, dan anak-anak di Kota Depok dapat mengetahui dan merasakan manfaat dari minum susu dan memakan telur,” imbuhnya.

Sementara itu, telur adalah salah satu kebutuhan pokok bagi manusia, baik sebagai kebutuhan pemenuhan gizi harian atau sebagai pemenuhan hal yang lainnya. Si bulat lonjong yang dihasilkan oleh hewan unggas atau burung ini memiliki banyak sekali manfaat, yaitu membantu perkembangan otak, memicu rasa bahagia, kesehatan mata, menghilangkan jerawat, menjaga berat badan tetap sehat, mencegah kanker dan penyakit jantung, serta menjaga stamina tubuh.

Sementara itu, susu sendiri merupakan penyempurna karena memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dibandingkan minuman yang lainnya. Susu biasanya dikenal sebagai minuman penguat tulang dan gigi, tetapi sebenarnya ada banyak kandungan nutrisi yang ada misalnya fosfor, zinc, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, asam amino dan asam pantotenat (Vitamin B5). (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :