RW 07 Kampung Setaman Rawageni, Kelurahan Ratujaya tingkatkan ekonomi warga dengan kegiatan Bazar Pepes. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Banyak cara yang bisa diperbuat untuk mengangkat potensi wilayah dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Seperti yang dilakukan warga RW 07 Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung dengan menggelar kegiatan rutin bernama Bazar Pepes Kampung Setaman (Tertata, Bersih dan Nyaman).

“Selain untuk meningkatkan ekonomi, kegiatan ini digelar juga untuk mengasah kreativitas warga sekitar, khususnya ibu rumah tangga. Dalam bazar ini, peserta dituntut untuk membuat olahan makanan yang dimasak dengan cara dipepes,” ujar Ketua RW 07, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Sanusi, Rabu (23/10/2019).

Dia juga menjelaskan, pesan yang tersirat dari kegiatan ini adalah bagaimana warga bisa memanfaatkan bahan penganan yang bisa lebur dalam waktu singkat. Hal ini juga untuk menjaga lingkungan.

“Bahkan, sebagai pengikat pepes, kita gunakan tali dari kedebong pisang. Jadi, semua serba alami. Kita tinggalkan plastik untuk menjaga lingkungan. Jenis pepes yang dijajakan bermacam-macam, seperti pepes jamur, ikan, tahu, nasi bakar dan lain-lain,” katanya.

Untuk kegiatan bazar pepes, lanjut Sanusi, dilaksanakan di Jalan H Bidi RT 05 RW 07 Kampung Setaman Rawageni. Sampai saat ini kegiatan tersebut sudah berjalan selama dua kali dan akan digelar kegiatan serupa pada awal November.

“Awalnya kita tampung 20 peserta bazar, namun karena peminatnya terus bertambah, maka bulan depan kami ikut sertakan 35 peserta,” jelasnya.

Senada dengan itu, Upit, salah seorang peserta bazar dari RT 05 RW 07, mengaku bersyukur ada kegiatan bazar yang diisi oleh warga dan diminati masyarakat lainnya. Dirinya berharap, kegiatan serupa dilakukan rutin untuk membantu perekonomian warga sekitar.

“Alhamdulillah, peminatnya juga banyak dan dagangan saya selalu habis terjual. Mudah-mudahan acara ini bisa rutin dilaksanakan,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :